Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo Rio Haryanto siap tampil pada latihan resmi pramusim lomba balap mobil GP2 Series bersama timnya Addax Barwa di Jerez, Spanyol, Selasa (26/2) hingga Kamis (28/2).

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan segala persiapan sudah dilakukan mulai dari settingan tempat duduk hingga simulator peragaan mengendarai mobil balapnya yang akan digunakan untuk musim balap mendatang.

"Settingan tempat duduk sudah tidak ada masalah, bahkan Rio mendapatkan pengalaman berharga karena mendapat penjelasan dari mekanik tim Addax Barwa soal spare parts mobil balap," katanya.

Menurut dia, ketika masih bergabung dengan tim Carlin (GP2 Series 2012), Rio Haryanto tidak sempat mendapatkan penjelasan yang lebih detail soal kondisi kendaraannya. "Kalau di Addax Barwa dia mendapatkan penjelasan yang lebih detail, mungkin karena dia berangkat lebih awal di Spanyol sehingga banyak waktu untuk belajar," katanya.

Ketika ditanya apakah Rio Haryanto pernah tampil di Sirkuit Jerez, Spanyol, dia mengatakan, Rio sering tampil untuk latihan resmi. "Kalau untuk lomba resmi memang belum pernah," katanya menegaskan.

Usai tampil pada latihan resmi pramusim GP2 Series di Jeres, Rio Haryanto akan menjalani hal yang sama di Sirkuit Barcelona, Spanyol, 5-7 Maret. "Kalau Sirkuit di Barcelona memang digunakan untuk lomba resmi dan untuk musim mendatang masuk seri ketiga 10-12 Mei 2013," katanya.

Pebalap berusia 20 tahun ini saat ini berada di Spanyol untuk persiapan menjalani latihan resmi bersama rekannya pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig di Addax Barwa. Usai latihan resmi di Spanyol Rio kembali ke Indonesia, sebelum berangkat mengikuti seri pertama GP2 Series di Sirkuit Sepang, Malaysia, 22--24 Maret mendatang.

Musim balap 2013 ini dibagi dalam 11 seri dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan berakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

(H015)