Biak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, menginformasikan, peringatan cuaca buruk dengan tinggi gelombang laut di perairan Papua dan perairan Utara Papua Barat pada Jumat 22 Februari 2013 mencapai ketinggian dua meter.

Data diperoleh ANTARA, Jumat, diinformasikan BMKG, bahwa keadaan angin pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5--24 Km/jam serta keadaan cuaca berawan hingga hujan ringan.

Untuk peluang hujan diperkirakan terjadi pagi hari dan dini hari dengan suhu udara mencapai sekitar 24--31 Derajat Celcius serta kelembaban udara berkisar 72--97 persen.

BMKG menginformasikan, tinggi gelombang mencapai berkisar 2--3 meter diperkirakan terjadi perairan Samudera Utara Papua Barat, Samudera Utara Biak, Raja Ampat, Fakfak, Utara Manokwari.

Serta perairan Biak, Arafura bagian Timur, Yos Sudarso, Jayapura-Sarmi serta perairan laut Teluk Cenderawasih.

Untuk keadaan angin di perairan wilayah Utara Papua pada umumnya bertiup dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5--20 knots/jam dan terjadi hujan.

Sedangkan keadaan angin di perairan Selatan Papua bertiup dari Barat Laut dengan kecepatan angin 5--15 knots/jam terjadi hujan.

Sementara untuk perairan Biak angin bertiup dari Barat Laut dengan kecepatan 5--15 Knots/jam terjadi hujan dan tinggi gelombang laut minimal berkisar 0,75--1,25 meter serta tinggi gelombang maksimal 1,25--2 meter.

Hingga Jumat pagi pukul 08.00 WIT keadaan cuaca di kota Biak sekitarnya tampak mendung dan berawan sehingga memperlancar kegiatan keseharian warga setempat.
(M039)