Milan (ANTARA News) - Ternyata hanya Andres Iniesta dan Gerard Pique yang memperoleh angka rapor di atas lima, lainnya memperoleh angka rapor lima bahkan ada dua pemain mendapat empat, ketika Barcelona kalah 0-2 dari AC Milan dalam leg pertama Liga Champions pad Kamis dinihari WIB.

Bentang rapor yang ditulis oleh laman soccernet itu, mencakup 0-10. Jika seorang pemain mendapat 10 berarti penampilannya sangatlah baik.

Victor Valdes mendapat angka lima dalam rapor penampilannya di bawah mistar Barcelona. Hampir tidak ada aksi penyelamatan yang dilakukan ketika para pemain Milan merangsek ke gawangnya. Pemain Milan justru mampu menjebol gawangnya sampai dua kali.

Dani Alves (5), terlihat bahwa penampilannya kerapkali kedodoran menghadapi duel dengan Stephan El Shaarawy.

Carles Puyol (5) - punya semangat juang, segudang pengalaman, kapten kesebelasan yang patut mendapat acungan jempol, meski ia tidak lagi muda, mengingat ia harus menghadapi kecepatan dari barisan depan Rossoneri yang umumnya muda belia.

Gerard Pique (6) - pemain Blaugrana yang tampil amat efektif di lini pertahanan. Ia relatif punya daya tahan ketika menerima tekanan dari lawan, utamanya sebelum gol kedua tercipta.

Jordi Alba (5) - kerap mendukung serangan Blaugrana, meski kurang kepercayaan diri dan kurang padu dengan sesama anggota tim lainnya. Tampak ketika ia melakoni laga musim ini.

Sergio Busquets (5) - penampilannya mengecewakan karena, hampir tidak ada umpan yang ia lepaskan dapat dikonversi menjadi gol. Ia tidak selalu dapat diandalkan untuk melapis pertahanan Blaugrana.

Xavi Hernandez (5) - mulai pulih dari cedera hamstring, besar kemungkinan kurang menjalani latihan, yang berujung penampilannya terlihat kurang segar baik dari sisi mental bertanding maupun kondisi fisik.

Cesc Fabregas (4) - Sebagai gelandang serang, ia gagal menembus barisan pertahanan Milan. Pengambilan posisinya terlihat kurang efektif.

Lionel Messi (5) - cenderung tergantung dengan pola permainan yang dikembangkan oleh sesama pemain dalam satu tim, utamanya gelandang.

Barisan pertahanan Rossoneri yang rapat menyulitkan pemain asal Argentina itu. Ia kerapkali kerepotan ketika berhadapan dengan barisan pertahanan lawan yang tanpa kompromi. Meskipun ia menyusur dari sisi sayap, posisi yang bukan ideal bagi Messi, justru upaya itu dapat saja dihalau lawan.

Pedro Rodriguez (4) - kurang mampu melakukan penjagaan lawan. Ia tampil kurang tajam dari sisi sayap untuk menggedor lini pertahanan lawan. Ia memang berkolaborasi bersama Dani Alvez, tetapi upaya ini dapat relatif terbaca oleh barisan pertahanan Italia.

Andres Iniesta (6) - "Man of the match" dalam laga itu. Pemain Barcelona yang tampil trengginas, dalam beberapa laga di musim ini. Sentuhan bolanya punya kelas dan mampu melepaskan operan-operan akurat. Ia punya determinasi luar biasa. Penampilannya konstan, meski jumlah laga yang ia jalani cukup banyak.
(A024)