Jakarta (ANTARA) - Berbicara soal software editing, tentu kepraktisan menjadi salah satu poin yang wajib untuk dimiliki. Bagaimana tidak, semakin praktis sebuah software, maka akan semakin mudah pula bagi pengguna untuk menggunakannya.
 
Hal ini tak terbatas soal fitur saja, namun juga fungsionalitas secara keseluruhan. Tak jarang orang merasa kesulitan ketika menggunakan software edit video di PC karena UI yang rumit atau penggunaan yang sulit, yang mana memang masih bisa ditemukan di beberapa software editing.



Dan hal ini sebenarnya menjadi hal yang umum, karena beberapa software memang didesain secara khusus bagi pengguna yang memang sudah memiliki pengetahuan tentang editing.



Namun, software yang baik harusnya mampu untuk menghadirkan sebuah layanan dan fitur yang mudah diakses, contohnya seperti Wondershare Filmora ini. Software satu ini telah berhasil mendapatkan respon yang positif dari penggunanya berkat kemudahan penggunaannya, sehingga baik profesional ataupun pemula mampu mengoperasikan Wondershare Filmora dengan baik.



Selain kemudahan akses, software ini juga menyediakan banyak sekali fitur yang terkandung dalam sistemnya yang mudah untuk dipahami. Jadi, ketika menggunakannya, kalian tidak harus selalu terpaku dengan tutorial, dan langsung bisa menggunakannya saat itu juga.



Layout yang Sederhana, Namun Tetap Fungsional



Apabila kita bandingkan secara langsung dengan beberapa kompetitor yang ada di pasar, Wondershare Filmora memiliki layout yang terbilang lebih sederhana. Hal ini menjadi poin positif tersendiri, karena dengan adanya layout seperti ini, segala fiturnya bisa diakses dengan lebih mudah.



Ia tetap menghadirkan desain yang modern, samal halnya dengan software video editor profesional lainnya. Dengan warna kombinasi antara hitam dan hijau, Wondershare Filmora semakin terlihat elegan dan dinamis.



Jujur saja, ketika pertama kali melihat design layout yang disediakan oleh Filmora, kami bisa langsung memahami apa saja yang ada di dalamnya dengan jelas. Letak Media Panel, Player Panel, dan Properly Panel dibuat sejajar, sehingga lebih mudah bagi kita untuk mengecek filenhya satu-per satu.



Kemudian, di bagian bawah barulah ada video timeline dimana kita bisa mengedit video atau audio yang ada di dalam video tersebut secara langsung lewat drag-and-drop nya.



Ya, fitur ini yang menjadi andalan dari Wondershare Filmora dan selalu dikatakan sebagai solusi pemindahan file media dari storage langsung ke timeline. Dan tentu saja, fitur ini sangatlah membantu untuk membuat proses edit video di PC menjadi semakin ringkas dan praktis.



Bayangkan saja, di software edit video lainnya, proses pemindahan file seperti ini bisa berlangsung sangat lama, terutama jika footage nya banyak, dan belum disortir sebelumnya. Bisa-bisa proses pemindahan file ini bisa sampai seharian, atau bahkan lebih.



Selain itu, pemindahan file ini biasanya juga dilakukan secara manual lewat fitur import video. Biasanya, pengguna diharuskan untuk mengklik dulu tombol import, dan barulah mereka bisa memilih file mana saja yang akan dimasukkan ke dalam timeline.



Dan memang, proses ini bisa dilakukan dalam sekejap dengan memilih semua file sekaligus, lalu menekan tombol import. Masalahnya adalah, seringkali program akan mengalami eror jika dipaksa untuk mengimport banyak video atau file lain secara sekaligus. Jadi, mau tak mau, pengguna harus memasukkan file yang penting satu per satu.



Fitur Apa Saja yang Ditawarkan



Selain daripada kemudahan penggunaan, salah satu aspek yang dijual oleh sebuah software video editor di PC adalah fitur-fiturnya. Dan untuk Wondershare Filmora, software satu ini sudah siap untuk menawarkan banyak sekali fitur untuk para penggunanya.



Satu lagi hal yang unik dari Wondershare Filmora adalah ada beberapa fitur di sini yang sudah diintegrasikan dengan teknologi AI. Dengan menggunakan teknologi ini, pengguna bisa merasa sangat terbantung dengan beberapa fitur yang ditawarkan, yang akan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih simpel.



Berikut beberapa fitur utama yang bisa ditemukan di Wondershare Filmora:



1. AI Copywriting



Biasanya, YouTuber atau Influencer membutuhkan script yang akan memudahkan mereka untuk menjelaskan suatu hal di dalam konten. Memang, script bukanlah menjadi keharusan, karena ada beberapa YouTuber yang bisa langsung berbicara apa saja saat dihadapkan dengan kamera.



Namun, bagi beberapa orang yang masih belum memiliki kemampuan public speaking yang bagus, script akan membantu mereka untuk tetap berada di dalam topik yang dibahas agar tidak sampai kemana-mana.



Dan untuk memudahkan kalian membuat konten, Wondershare Filmora sudah menyediakan AI Copywriting yang berguna untuk membuat script video secara otomatis. Jadi, kalian tidak perlu pusing-pusing lagi untuk menulis script.



2. Masks



Fitur masks ini berguna bagi kalian yang ingin mengedit mask yang diterapkan pada footage. Jadi, proses pengeditan footaga bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa adanya kerepotan yang berarti.



3. Audio Editing



Tentu saja, software edit video di PC Wondershare Filmora juga memiliki fitur untuk mengedit audio. Kalian bisa mengedit audio dengan mudah disini, baik untuk menaikkan atau menurunkan volume, atau mungkin menambahkan beberapa efek.



Selain itu, software video editor ini juga turut menyediakan fitur berbasis AI yang bisa sangat membantu, seperti text-to-speech dan speech-to-text. Dengan menggunakan fitur ini, kalian bisa dengan mudah membuat audio narasi dan subtitle tanpa perlu repot lagi.



4. AI Portrait



Bila di dalam footage ada elemen-elemen yang mengganggu, maka kalian bisa menggunakan fitur AI Portrait ini untuk menghapus background. Gantilah background dengan gambar atau video yang lebih menarik, lengkap dengan tambahan beberapa elemen seperti sticker, misalnya.



5. Audio Synchronization



Bagi kalian yang menggunakan dua kamera atau lebih untuk pengambilan footage, fitur audio synchronization ini akan sangat berguna untuk menyamakan input audio, sehingga tidak ada audio yang saling bertubrukan.



Fitur ini juga berguna untuk membuat video dengan POV dua arah, seperti video wawancara atau podcast misalnya yang sangat membutuhkan sinkronisasi audio.



6. Green Screen



Fitur green screen ini berguna untuk pengeditan footage yang menggunakan green screen. Jadi untuk mengedit chroma keys dengan lebih mudah, gunakan saja fitur satu ini.



7. Instant Mode



Bagi kalian yang ingin menghasilan banyak video sekaligus, atau secara bulk, fitur instant mode ini sangatlah berguna. Instant Mode merubah cara pengeditan video konvensional menggunakan cara yang jauh lebih sederhana.



Bagaimana tidak, dengan hanya memasukkan file media yang dibutuhkan dan memilih preset yang tersedia, kalian sudah bisa mendapatkan satu video yang siap untuk diupload. Maka dari itulah, fitur ini sangatlah cocok untuk memproduksi banyak video sekaligus, atau digunakan oleh pemula yang sama sekali tidak ingin kerepotan dengan proses editing.




Harga



Untuk bisa mendapatkan layanan yang lebih premium di video editor untuk Windows ini, seperti cloud storage sebesar 10 GB, fitur speech to text yang bisa digunakan sampai 30 menit, dan tambahan fitur text to speech, dapatkan paket berbayar mulai dari 3 bulanan, tahunan, atau 3 tahunan. Berikut detail harganya:



● Paket Tiga Bulan: Rp 310.000,-
● Paket Tahunan: Rp 699.000,-
● Paket Perpetual: Rp 1.099.000,-



Spesifikasi Minimum



Berikut spesifikasi mininum untuk Wondershare Filmora:



● Processor: i3 2Ghz
● VGA: Intel HD Graphics 5000 atau Nvidia GTX 700
● RAM: 8 GB

● Storage: 1 GB




Kesimpulan



Dengan berbagai fitur serta kemudahan penggunaan yang ditawarkan, wajar rasanya jika Wondershare Filmora dikatakan sebagai salah satu software edit video terbaik di tahun 2023. Penggunaannya mudah, layout nya pun simpel dan mudah dipahami.



Bagi kalian yang membutuhkan fitur berbasis AI, software video editor ini juga punya beberapa. Namun yang jelas, Wondershare Filmora masih kurang mumpuni apabila dibandingkan dengan software editor yang lebuh kompleks. Jadi untuk para professional, mungkin ada beberapa opsi lain yang bisa dipertimbangkan.