Paris (ANTARA News) - Manchester United akan melanjutkan persaingan historisnya dengan Real Madrid pada pertandingan leg pertama 16 Besar Liga Champions, Rabu nanti, yang disebut pelatih Real Jose Mourinho sebagai laga yang dinanti seluruh dunia.

United yang tiga kali juara Champions, akan bertandang ke Madrid yang menyandang sembilan kali gelar juara Liga Champions, dalam laga penuh persaingan antara dua klub Eropa yang sudah terjadi sejak 1957.

Pertemuan terakhir mereka berlangsung pada perempatfinal Liga Champions 2003 yang bertabur gol di mana Real akhirnya menang dengan agregat 6-5.

"Ini adalah pertandingan yang dinantikan dunia," kata Mourinho merujuk pertemuan timnnya pada leg pertama Babak 16 Besar melawan United, Rabu nanti.

"Dunia tidak menanti pertandingan-pertandingan Liga Champions lainnya, oleh karena itu saya berharap kami bisa memberi dunia apa yang ditunggu-tunggunya," kata Mourinho.

Dengan antusiastis Mourinho membicarakan sosok Alex Ferguson yang manajer veteran United dan persaingan sekaligus persahabatan antara mereka berdua, yang bermula saat Mourinho menukangi Porto sampai suksesnya di Chelsea.

"Saya merasa istimewa karena dia adalah seorang yang penting dalam dunia sepakbola, dan lebih penting lagi dari itu adalah dia orang yang baik," kata Mourinho tentang Alex Ferguson.

Alex Ferguson sendiri mengatakan siap menghadang Maorinho yang kaya pengalaman.

Minggu malam tadi Mourinho berada di Old Trafford untuk menyaksikan United mengalahkan Everton 2-0 sekaligus mengokokohkan posisinya di puncak klasemen Liga Inggris dengan selisih 12 poin dari peringkat dua Manchester City.

"Saya kira dia akan terpacu menghadapi saya," kata Ferguson seperti dikutip AFP. "Ini tantangan yang hebat, dua klub terbesar di dunia. Ini pertandingan besar bagi kami berdua."

"Saya kira Jose memusatkan perhatiannya kepada Piala Eropa tahun ini, tak ada keraguan soal ini. Pada satu sisi itu mempersulit kami, tapi itu juga mempersulit mereka."