Rustenburg, Afrika Selatan (ANTARA News) - Victor Moses membawa Nigeria masuk ke babak perempat final Piala Afrika 2013 setelah berhasil mengeksekusi dua tendangan penalti, menang atas Ethiopia 2-0 yang berlangsung di stadion Royal Boafekeng, Rustenberg, Selasa.

Moses, 22 tahun, membuka kemenangan dari titik putih setelah dia dilanggar oleh pemain belakang Ethiopia, Alula Girma di menit ke-80.

Pemain sayap Nigeria ini memperoleh penalti kedua ketika dia dijatuhkan oleh kiper Sisay Bancha-- yang kemudian diberikan kartu merah oleh wasit-- di menit ke 90.

Moses sukses mengeksekusi dua tendangan penalti itu. Jika saja dia gagal, Nigeria mungkin tidak akan lolos ke perempat final, karena di dua pertandingan awal hanya bermain imbang 1-1.

Ethiopia bukannya tanpa perlawanan dalam menghadapi tim yang pernah memenangkan medali emas olimpiade dan mengangkat trofi Piala Afrika. Mereka mengandalkan pola serangan dari tendangan bola mati.

Saladin Seid menyundul bola tendangan pojok Ethiopia, dan beberapa umpan silang menyebabkan kepanikan barisan pertahanan Nigeria.

Nigeria akhirnya menunjukkan intensitas serangan di 20 menit terakhir dengan menaikkan tempo permainan untuk menghindari masuk kotak di turnamen bergengsi benua Afrika ini.

Seakan tidak terpengaruh dengan permainan sapu bersih tim lawan, Nigeria berulang kali meningkatkan kecepatan dan secara mengejutkan Moses dengan teknik tinggi menggiring bola masuk kotak penalti terlambat dihadang oleh Girma. Penalti, dan Moses sukses mengeksekusi.

Kemudian menjelang akhir pertandingan Moses, yang juga pemain Chelsea, melakukan tekanan di kotak penalti dan secara tenang mengecoh kiper Bancha dan harus menjatuhkan Moses.

Kiper Bancha terkena kartu kuning kedua dan karena Ethiopia sudah melakukan tiga kali pergantian, maka yang menjadi kiper adalah pemain tengah Addis Hintsa.

Moses berhasil menaklukkan kiper kagetan Ethiopia dari titik penalti, 2-0 untuk Nigeria.

Sementara itu, pada pertandingan lain di grup yang sama, Bukina Faso bermain imbang tanpa gol melawan Zambia. Burkina Faso keluar sebagai pemenang grup dan lolos ke perempat final.


Berikut ini hasil pertandingan kompetisi Grup C Piala Bangsa Afrika yang berlangsung Selasa malam waktu setempat.

Ethiopia 0 - Nigeria 2


Di : Royal Bafokeng Sports Palace

Pencetak gol: Victor Moses 80 pen; 89 pen.

Kartu merah: Sasay Bancha (Ethiopia) 85

Setengah main: 0-0

Susunan pemain:

Ethiopia: 1-Sasay Bancha; 2-Degu Debebe, 4-Abebaw Butako,

6-Alula Girma, 12-Biyadiglign Eliase; 15-Dawit Estifanos,

16-Yussuf Saleh (10-Birhanu Bogale 68), 21-Addis Hintsa;

7-Saladin Seid, 9-Getaneh Kebede, 11-Omed Okwuri (13-Fuad

Ibrahim 46)


Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 3-Elderson Echiejile,

22-Kenneth Omeruo, 5-Efe Ambrose, 14-Godfrey Oboabona; 13-Fegor

Ogude, 10-John Obi Mikel (2-Joseph Yobo 90), 11-Victor Moses;

15-Ikechukwu Uche (7-Ahmed Musa 65), 9-Emmanuel Emenike 8-Brown

Ideye 75), 19-Sunday Mba

Wasit : Bouchaib Al Ahrach (Maroko).

(A008)