Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah. Rio Haryanto, belum mengetahui rekan satu tim di Addax Barrwa yang akan tampil pada lomba balap mobil GP2 Series 2013.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, sampai kini Rio belum mengetahui pebalap dari mana yang tergabung dalam tim Addax Barwa untuk musim balap mendatang.

"Mungkin saat latihan resmi di Spanyol mendatang baru bisa diketahui nama dan dari mana rekan satu tim Rio di Addax karena pada saat latihan resmi itu semua pebalap yang turun pada GP2 Series 2013 harus turun. Siapa yang tidak tampil pada latihan resmi tidak bisa turun di musim balap mendatang," katanya.

Latihan resmi bagi pebalap yang akan turun pada GP2 Series yang mulai digulirkan di Sirkuit Sepang, Malaysia, 22-24 Maret mendatang harus tampil pada dua kali sesi latihan resmi di Spanyol.

Latihan resmi pertama dilangsungkan di Jerez, 26-28 Februari mendatang kemudian kedua dimainkan di Barcelona, 5-7 Maret 2013.

Pada GP2 Series 2012, tim Addax Barwa terdiri dari dua pebalap, yaitu Johnny Cecotto dan J Rosenzweig, sedangkan Rio saat itu bergabung dengan tim Carlin bersama Max Chilton (tahun ini atau 2013 berlaga di F1).

Ketika ditanya proses latihan dengan mengendarai mobil balap selama masa istirahat ini, mengatakan, Rio dan pebalap yang bakal tampil pada musim balap mendatang tidak bisa sembarangan menjalani latihan dengan mobil balap karena latihan resmi sudah ditentukan oleh penyelenggara.

"Kalau ada pebalap yang mencoba membalap di sirkuit lain untuk latihan tentu bakal mendapat sanksi sehingga yang bisa dilakukan selama masa istirahat ini hanya latihan fisik saja," katanya.

Latihan resmi bagi peserta GP2 Series 2013 hanya dua kali yaitu di Spanyol mendatang dan itupun hanya setengah jam saja, padahal settingan kendaraan akan mengalami perubahan setiap kali tampil. "Mungkin sekarang ini settingan kendaraan seperti ini tetapi dua menit atau empat menit kemudian bisa berubah," katanya.

Jadi, menurut dia, yang dilakukan Rio Haryanto pada masa istirahat ini hanya fokus menjalani latih fisik di bawah asuhan pelatih asal BelandDennis Van Rhee.

Menurut dia, latihan fisik yang dijalani Rio Haryanto seperti renang untuk cardio, fitnes untuk penguatan otot-otot leher dan tangan, kemudian joging.

"Latihan fisik itu dilaksanakan setiap hari secara bergantian, misalnya sekarang renang, besok fitnes, kemudian lusa joging, demikian seterusnya," katanya.

Pada GP2 Series 2013 bakal dibagi dalam 11 putaran dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia dan berakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Seri pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia (22-24 Maret), kedua Sakhir, Bahrain (19-21 April), ketiga di Barcelona (10-12 Mei), keempat di Monte Carlo, Monaco (24-26 Mei), kelima di Silverstone, Inggris (28-30 Juni), keenam di Jerman (5-7 Juli), ketujuh di Budapes, Hungaria (26-28 Juli).

Kemudian seri kedelapan di Spa-Francorchamps, Belgia (23-25 Agustus), kesembilan di Monza, Italia (6-8 September), kesepuluh di Singapura (20-22 September), dan terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (1-3 November).


(ANT)