Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan kecolongan di kandang sendiri setelah tim "Beruang Madu" itu digulung tamunya, Persegres Gresik, 1-2 d Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, Selasa, dalam lanjutan Indonesian Super League (ISL).

Gol Persiba diciptakan Patrice Nzekou di menit ke-30. Namun sebelum babak pertama berakhir, Shohei Matsunaga menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tendangan bebas tidak langsungnya menembus pagar betis yang digalang Precious Emuejeraye di menit ke-42.

Aldo Baretto membuat tim tamu unggul 1-2 dari sundulannya atas umpan tendangan penjuru pada menit ke-52.

Kedua gol yang diciptakan justru oleh para pemain yang musim lalu berkostum Persiba itu membuat sebagian penonton mencak-mencak.

"Ide siapa itu melepas Aldo, Matsunaga, juga Sembiring," kata Syamsir Alam, fans Persiba dari Gunung Sari. Di Persegres musim ini memang ada 3 pemain yang sebelumnya bahu-membahu membela "Beruang Madu" di musim 2011-2012. Ahmad Sembiring Usman bergabung dengan Aldo Baretto dan Shohei Matsunaga di Persegres menjelang ISL 2013 dimulai.

Dalam pertandingan itu, Sembiring menjadi penopang pergerakan Matsunaga dan Aldo, dan kerap juga menjadi penahan pertama serangan Persiba.

Satu-satunya gol Persiba tercipta dari permainan yang apik gelandang dan para penyerang. Di menit ke-30, dimulai dari tengah lapangan, Patrice Nzekou mengirim bola ke sektor kanan pertahanan Gresik. Franky Tornando yang menerima bola itu mengoperkannya kepada Mahmoud El Ali.

Dikepung lawan, El Ali tak memaksakan diri. Ia pass bola kepada Eki Nurhakim, yang juga masih meneruskannya kepada Nzekou yang menderas masuk kotak penalti. Tendangan Nzekou menusuk kanan gawang Persegres yang dijaga Agung Prasetya, 1-0.

Namun demikian, setelah unggul, Persiba mengendurkan serangan. Pressing ketat yang semula ditampilkan Patrice Nzekou dan kawan-kawan tiba-tiba menghilang.

Permainan 15 menit terakhir babak pertama mulai dikuasai Gresik. Tekanan mereka membuat para pemain Persiba membuat kesalahan sehingga berbuah tendangan bebas di menit ke-42. Shohei Matsunaga sukses memanfaatkan kesempatan itu.

Di babak kedua, Persiba bermain tak tenang. Apalagi setelah Aldo mencetak gol kedua Gresik. Kepada penonton para penggawa Beruang Madu memperlihatkan kesalahan-kesalahan mendasar seperti salah mengoper bola, atau baru mengoper bola justru ketika posisi teman yang akan diberi sudah susah, atau posisinya sendiri sudah tidak tertolong.

"Anak-anak memang terlihat ingin cepat-cepat membuat gol dan menyamakan kedudukan. Justru karena itu organisasi permainan malah berantakan," kata pelatih Herry Kiswanto usai pertandingan.

Sampai pertandingan diakhiri oleh wasit Ahmad Suparman dari Bandung, Persiba tetap tak bisa membuat gol untuk menyamakan kedudukan. Persegres menang 1-2.

Selain mendapat poin tiga, Persegres juga membawa oleh-oleh 5 kartu kuning dari Balikpapan. Akibatnya Matsunaga dan Gustavo Chena tak bisa turun melawan Barito Putra di Martapura pada akhir pekan ini.

(KR-NVA/D011)