Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar, tidak mudah menyerah, dan selalu ikhlas dalam setiap tugas dalam menghadapi berbagai tantangan.

Isu mengenai ketegangan geopolitik, pandemi, perubahan iklim, serta perkembangan teknologi digital yang sangat cepat termasuk perkembangan artificial intelligence, saat ini masih menjadi tantangan terbesar yang sedang dihadapi Indonesia bahkan dunia.

"Tantangan berubah terus, sehingga keuangan negara akan terus dituntut untuk memberikan respons dan oleh karena itu kita harus terus berubah. Berubah yang baik adalah berubah karena kita belajar," ucap Sri Mulyani dalam acara Townhall Meeting Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kemenkeu, seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menkeu: Ekonomi Indonesia baik di tengah kondisi global yang menantang

Tidak hanya itu, Menkeu juga mengatakan masih terdapat tantangan lainnya yang dimiliki Indonesia, yaitu meliputi pemerataan di segala aspek terutama celah infrastruktur yang masih sangat besar dikarenakan wilayah Indonesia sangat luas dan berpulau-pulau.

Meski begitu, Indonesia juga memiliki keunggulan yaitu dengan populasi demografi yang relatif muda, terutama bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Korea, Jepang, dan China yang terus mengalami penurunan populasi.

Maka dari itu, generasi muda harus dibekali dengan edukasi, dibangun karakternya, dididik, dilatih kemampuannya, dijaga imunitas, hingga diimunisasi agar tidak mudah terkena berbagai penyakit.

Sri Muyani pun mengimbau seluruh jajaran DJA untuk dapat menjadi inspirator dan dinamisator yang baik dalam mengelola anggaran, terus mengembangkan kompetensi diri, berfikir strategis, profesional, bergairah dalam bekerja, serta terus berinovasi dan kreatif dalam menghadapi berbagai dinamika perekonomian global yang semakin kompleks untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik.

“Jadilah DJA yang bisa saya andalkan supaya kalian menjadi salah satu solusi terbaik bagi bangsa Indonesia,” tegasnya.

Baca juga: Menkeu minta pejabat baru beri kontribusi positif bagi kementerian