Jakarta (ANTARA News) - Kalangan akademis dan peneliti di AS mengunggah jurnal-jurnal ilmiah yang terlindung hak cipta di Internet untuk mengenang akitivis Internet sekaligus pencipta RSS 1.0, Aaron Swartz.

Kampanye dukungan terhadap Swartz, seperti dilansir The Verge dan CNET, semula muncul di Reddit yang ditulis Micah Allen, peneliti ilmu syaraf dan plastisitas otak.

"Sebuah penghormatan yang tepat kepada Aaron dapat berupa protes massal dengan mengunggah artikel-artikel penelitian terhak-cipta," tulis Allen.

Allen juga mengkampanyekan agar artikel-artikel penelitian itu berada di Google Docs dan menyebarkan tautannya melalui Twitter.

Kampanye usulan Allen didukung berbagai pengguna Twitter yang menyebarkan tautan-tautan dokumen ilmiah dengan hashtag #pdftribute.

Swartz meninggal bunuh diri pada usia 26 tahun ketika menghadapi dakwaan pidana federal. Aktivis Internet itu didakwa telah mengunduh ilegal lebih dari empat juta dokumen dari basis data jurnal akademis JSTOR di Kampus MIT.

Sebelumnya, perpustakaan digital dalam jaringan JSTOR akan menawarkan akses terbuka untuk 1200 jurnal dari 700 penerbit.

(I026)