Jakarta (ANTARA News) - "Grand Prix" balap sepeda berhadiah total Rp1 miliar akan digelar akhir November 2013.

"Ini dilakukan untuk menjaring potensi atlet muda ke jenjang profesional untuk meraih prestasi," ujar Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jakarta, sekaligus Ketua Umum HIPMI, Raja Sapto Oktohari saat menyeleksi atlet balap sepeda di Jakarta, Sabtu.

Jumlah hadiah yang ditawarkan tersebut digadang-gadang akan menjadi hadiah terbesar dalam sejarah perlombaan balap sepeda tingkat lokal.

"Biasanya juara pertama hanya mendapatkan maksimal Rp20 juta namun kali ini bisa mendapatkan Rp100 juta, 5 kali lipatnya," katanya.

Syarat mengikuti perlombaan ini adalah pebalap harus mengikuti tujuh kali pertandingan yang diadakan oleh ISSI, dua diantaranya adalah night race.

Menurut dia, sepinya ajang kompetisi balap sepeda yang menawarkan hadiah menarik bagi peserta membuat olahraga yang merakyat di kalangan masyarakat ini kian tenggelam.

"Kalau dipikir-pikir sepeda ini sangat memasyarakat, banyak orang senang dengan sepeda, tetapi kenapa tidak berbanding lurus dengan prestasi balap sepeda," ujar pria yang akrab dipanggil bang Okto ini.

Oleh karena itu, dengan dihidupkannya kembali turnamen balap sepeda tahun ini diharapkan semakin mendorong orang-orang berlatih sepeda dan menjadi atlet balap sepeda di masa depan.

(Tri)