Jakarta (ANTARA News) - Rencana promosi dan degradasi pemain maupun pelatih Pelatnas PBSI tinggal menunggu keputusan akhir Rexy Mainaky sebagai Kepala Pembinaan dan Prestasi.

"Semua data sudah saya serahkan kepada Rexy. Dia yang memutuskan," kata Kasubid Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata kepada ANTARA News via telepon, Rabu.

"Saya belum tahu kuotanya berapa, Rexy yang lebih berhak bicara," tambah mantan atlet nasional itu.

Christian mengumpulkan data-data penilaian pemain dari rekomendasi pelatih, termasuk Richard Mainaky, pelatih ganda campuran yang menilai delapan pasangan anak didiknya.

"Jadi nanti sesuaikan dengan kuotanya saja. Tinggal dipotong dari bawah, itulah jumlah yang kita tambah. Nama ini sudah kita sampaikan ke koh Chris setelah pelantikan pengurus baru," kata Richard sehari sebelumnya, Selasa (1/1).

Menurut Richard penilaian ranking berdasarkan prestasi, disiplin, dan prospek masa depan. "Kalau pemain muda, tentu dinilai disiplinnya, karena prestasi belum banyak. Tetapi kalau pemain utama, tentu berdasarkan prestasi," lanjutnya.

Namun, Christian mengatakan tidak semua kriteria penilaian seperti dilakukan Richard, "Itu inisiatif pelatih, penentuan ada pada Rexy," katanya.

Rexy sendiri mengatakan kriteria untuk pemain akan dipertajam termasuk soal usia, begitu juga pelatih akan dipilih secara profesional dan transparan.

Pemain yang dipanggil tidak langsung menjadi keluarga Pelatnas tetapi harus menjalani tahap percobaan hingga 12 bulan.

M047