Madrid (ANTARA News) - Iker Casillas berjuang keras untuk membuktikan kepada pelatih Jose Mourinho, bahwa ia pantas mendapatkan posisi dalam tim inti Real Madrid, setelah kiper utama timnas Spanyol secara kontroversial dikeluarkan dari pertandingan Liga Spanyol melawan Malaga bulan lalu.

"Saya harus berjuang untuk mendapatkan kembali tempat saya," kata Casillas dalam temu pers, ketika para pemain Real bertemu untuk melakukan latihan awal mereka pada 2013 ini.

Keputusan mengejutkan Mourinho menggantikan kiper itu dengan pemain yang tidak berpengalaman Antonio Adan menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan perjalanan karir penjaga gawang itu, sedangkan mereka kalah 2-3 dan dipertanyakan kemungkinan mereka memburu gelar musim ini.

Dengan sisa kurang dari separuh perjalanan kompetisi musim ini dan menjelang pertandingan kandang mereka melawan Real Sociedad, Minggu, Real kini berada tujuh poin di bawah tim urutan ketiga Atletico Madrid dan terpaut 16 poin dengan saingan berat mereka, Barcelona.

"Itu tujuan saya saat ini dan saya berharap pelatih akan memilih saya dalam latihan Minggu," tambah pemain internasional dari Spanyol itu.

"Hal paling penting lagi saat ini, pelatih akan memilih 11 pemain terbaik menurutnya. Insitusi dan klub akan mendukung apa yang dilakukan Casillas," katanya.

Tim asuhan Mourinho itu kehilangan banyak poin hingga perjalanan musim kompetisi saat ini--dibanding dengan apa yang mereka perolah pada musim 2011-2012 -- kehilangan empat pertandingan seri tiga kali, sedangkan Barca belum kalah dalam 17 pertandingan mereka.

Hasil menyakitkan ketika mereka gagal menang pada laga yang berkesudahan imbang 2-2 di kandang atas Barcelona, Oktober lalu, dan mereka kini mengincar kemenangan berurutan ke-11 saat menjamu saingan mereka Espanyol, Minggu mendatang.

Casillas memperhitungkan, nasib buruk Real musim ini menunjukkan bahwa tim lain dalam kompetisi Liga Spanyol tidak memandang mereka sebagai musuh berbahaya dan para pemain harus mengembalikan citra baik mereka pada perjalanan pertandingan mendatang.

Ia menampik adanya dugaan "ketegangan" di antara pemain dan staf pelatih saat ini.

"Kami tidak mungkin melemparkan handuk. Kami harus tetap berjuang, berlari lebih kencang, berlatih lebih banyak dan berharap hasil lebih bagus di lapangan," katanya.

"Kini, pada 2013, kami harus mencoba mendekatkan jarak kami dalam klasemen liga. Kami pasti memikirkan hal itu cukup berat, tapi kami harus mencoba yang terbaik dan hal itu bukan tidak mungkin," tutur pemain handal itu.
(A008/A016)