Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sembilan tips untuk menghadapi cuaca panas tidak biasa untuk menghindari dampak kurang baik bagi kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dr Diauddin di Banjarmasin, Kamis, cuaca panas tidak bisa saat ini tentunya harus diwaspadai semua orang, utamanya yang beraktivitas di luar ruangan.

Karena, ungkap dia, jika tidak diwaspadai dengan seringnya aktivitas di luar ruangan bisa mengganggu kesehatan, utamanya dehidrasi atau kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang mereka terima.

Baca juga: Kiat perawatan kulit untuk pria saat hadapi cuaca panas
Untuk menghindari itu, ungkap Diauddin, Dinkes memberikan sembilan tips untuk menghadapi cuaca panas tidak bisa saat ini ketika sedang atau sering berada di luar ruangan, yakni:

Menurutnya yang pertama adalah minum air yang banyak jangan sampai menunggu haus untuk menghindari dehidrasi.

Kemudian yang kedua adalah hindari minum minuman yang berkafein, minuman berenergi, alkohol dan minuman manis.

Baca juga: Kemenag Riau minta calon jamaah haji siap hadapi cuaca panas di Arab
Selanjutnya yang ketiga adalah hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung. Keempat adalah memakai bahan baju yang berbahan ringan dan longgar.

Diauddin menyampaikan tips kelima adalah hindari memakai baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas. Keenam adalah sebisa mungkin berteduh diantara jam 11.00 Wita hingga 15.00 Wita.

"Sebab mulai pukul 11.00 Wita hingga 15.00 Wita ini saat puncaknya hawa panas," ujarnya.

Baca juga: Tabir surya hingga payung penting saat hadapi suhu panas
Kemudian tips ketujuh, ucap Diauddin, adalah jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaran dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.

Selanjutnya, ungkap Diauddin, tips yang kedelapan adalah gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah.

"Tips yang kesembilan adalah sediakan semprotan air yang dingin di dalam kendaraan," demikian kata Diauddin.

Baca juga: Hadapi cuaca panas, EXO rekomendasikan ini untuk penggemar Indonesia
Baca juga: Menkes imbau calon jamaah haji siapkan fisik hadapi cuaca panas tinggi