Bandung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memprediksi puncak lalu lintas arus balik kendaraan masyarakat terjadi pada H+2 Lebaran 2023, Selasa.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo di Bandung, Selasa, mengatakan arus balik itu diprediksi meningkat karena H+2 merupakan hari terakhir libur bagi mayoritas pegawai, sehingga pada Selasa ini masyarakat mulai melakukan perjalanan pulang dari mudik.

"Puncak arus balik lebaran tanggal 25 April dengan perkiraan waktu masuk kerja tanggal 26 April 2023," kata Ibrahim.
Menurut dia, volume kendaraan yang masuk ke daerah Jawa Barat pun mulai meningkat, dan tercatat ada sekitar 7.000 - 8.000 unit kendaraan per jam yang melintas ke Jawa Barat.

Sedangkan untuk H+1, kata Ibrahim, hanya sekitar 3.000 unit kendaraan per jam yang masuk ke Jawa Barat, sementara dalam kondisi normal, lalu lintas masuk ke Jawa Barat hanya sekitar 1.500 kendaraan per jam.

Meskipun begitu, menurut dia, arus balik di jalan tol dan jalur arteri masih dalam kondisi yang ramai dan lancar pada H+2 siang hari ini, sehingga belum ada kepadatan yang berarti.

Dalam menghadapi puncak arus balik, dia pun mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan dengan sebaiknya seperti mengecek ulang kondisi kendaraan guna menghindari kecelakaan lalu lintas.

"Masyarakat tetap waspada dan jaga kondisi kesehatan fisik dan juga kendaraannya," katanya.