Los Angeles (ANTARA News) - Steve Nash kembali berlaga di ajang NBA bagi klub Los Angeles Lakers dan menebar ancaman atas klub lain untuk meraih gelar juara.

Nash mencetak 12 poin dan menciptakan sembilan assist dalam 41 menit untuk menghempaskan perlawanan tim tuan rumah Golden State 118-115 pada Sabtu. Ia sebelumnya absen dalam 24 laga karena mengalami patah kaki kiri.

"Bermain selama 40 menit setelah istirahat enam pekan merupakan sesuatu yang berarti. Saya harus bekerja keras dan tahu bahwa itu akan sakit dan menyakitkan. Saya harus berjuang," kata Nash.

Kobe Bryant mencetak 34 angka membawa Lakers unggul dan memenangkan klubnya dengan catatan empat kali kemenangan beruntun, 13-14.

Laga tersebut menjadi pertandingan kedelapan beruntun Bryant dengan mencetak setidaknya 30 poin, sekaligus menjadi penampilannya yang ke-400.

"Steve gemar mengumpan dan saya suka menembak," kata Bryant.

Lakers juga kembali diperkuat forward asal Spanyol Pau Gasol yang sempat absen dalam delapan pertandingan karena bermasalah dengan otot lutut.

Golden State, 18-10, menang dalam 15 pertandingan beruntun dengan kemenangan terakhir atas Warrior dengan selisih 14 poin namun harus terhempas saat berjumpa Lakers seiring kembalinya Nash.

"Saya pikir terjadi peningkatan di beberapa area, kami terus berkembang meski sedikit," kata Nash.

Pelatih Mike D`Antoni mendapat kabar baik dengan kembalinya Nash yang sempat dia latih saat membela Phoenix dan menjadi pemain paling berharga (MVP). Akan tetapi, D`Antoni belum dapat memaksimalkannya di Lakers karena point guard asal Kanada itu sempat mengalami cedera.

"Ia adalah salah satu dari point guard terbaik dalam 10 tahun terakhir. Kami akan melihat masalahnya dan terus berusaha memperbaiki diri," katanya.
(A061)