Magelang (ANTARA News) - Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyiapkan personel untuk membantu aparat kepolisian mengamankan perayaan Natal 2012.

"Kami siap membantu aparat kepolisian dalam menciptakan suasana aman dan nyaman menyambut Hari Raya Natal 2012 dan Tahun Baru 2013," kata Ketua GP Ansor Kabupaten Magelang Muhammad Chabibulah di Magelang, Rabu.

Ia mengatakan keterlibatan anggotanya dalam pengamanan perayaan Natal di berbagai tempat ibadat umat Kristiani setempat, sudah menjadi tradisi organisasi kemasyarakatan pemuda di bawah Nahdlatul Ulama itu.

Tradisi tersebut, katanya, terkait dengan komitmen Ansor untuk menjaga kerukunan antarumat beragama, termasuk di Kabupaten Magelang.

"Menjaga keharmonisan antarumat beragama menjadi komitmen Ansor, sebagai aktualisasi dan implementasi konsepsi persaudaraan sesama manusia dan persaudaraan sebangsa, serta sikap toleransi," katanya.

Ia yakin ibadah yang dijalani umat Kristiani saat merayakan Natal 2012 di daerah itu dapat berjalan secara khidmat tanpa gangguan.

Ia mengemukakan bahwa kedalaman, kemurnian, dan inspirasi yang muncul dari hakikat beragama akan membawa konsekuensi terhadap penghormatan dan penghargaan kepada sesama manusia.

Selain itu, katanya, persaudaraan sesama bangsa menjadi bagian dari upaya memperteguh penghargaan dan penghormatan sesama anak bangsa.

(M029/E011)