Jakarta (ANTARA News) - Tendangan akrobatik dari Luis Suarez di masa-masa akhir menjelang babak pertama usai gagal menggandakan keunggulan bagi timnya Liverpool atas Udinese dalam laga terakhir di babak penyisihan grup Liga Eropa.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Friuli, Udine, Italia itu hingga babak pertama berakhir masih dalam kedudukan 1-0 untuk keunggulan Liverpool melalui gol dari kaki Kapten Tim Nasional Inggris U-21, Jordan Henderson di menit 23.

Proses terjadinya gol berawal dari sepak pojok Stewart Downing mengarah pada Suarez yang memberikan umpan sundulan kepada Suso dan kemudian diteruskan pada Henderson. Henderson yang berdiri bebas, tidak menyia-nyiakan kesempatan langsung melakukan tendangan menyusur tanah ke gawang Padelli dan memberikan keunggulan bagi Liverpool.

Udinese juga bukan tanpa inisiatif serangan, beberapa kali upaya anak-anak asuhan Francesco Guidolin itu membahayakan gawang Liverpool yang dijaga oleh Jose "Pepe" Reina.

Salah satu kesempatan Udinese tercipta di menit 19 ketika Roberto Pereyra melakukan tendangan ke gawang Liverpool, meski akhirnya berhasil diselamatkan oleh Pepe Reina ke luar lapangan pertandingan.

Selain itu Udinese juga memiliki kesempatan di menit 33 saat Diego Fabbrini melakukan tendangn spekulasi dari luar kotak penalti, yang arahnya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Reina.

Sementara itu, Liverpool juga beberapa kali memiliki peluang untuk menambah keunggulan diantaranya melalui upaya serangan yang dibangun Jose Enrique melalui sektor sayap kiri, meski akhirnya umpan tariknya lebih dekat kepada penjaga gawang Udinese, Daniele Padelli ketimbang rekan satu timnya Luis Suarez yang berdiri cukup bebas.

Dalam pertandingan pertama di kandang Liverpool pada 4 Oktober lalu, Udinese berhasil mengalahkan tuan rumah dengan kedudukan 3-2 melalui gol yang dicetak Di Natale dan Pasquale serta satu gol bunuh diri oleh Sebastian Coates. sementara gol untuk Liverpool dicetak oleh Jonjo Shelvey dan Luis Suarez.

Brendan Rodgers memilih untuk tidak membawa serta tiga pemain tim utamanya, yaitu Daniel Agger, Lucas Leiva dan Steven Gerrard ke Italia meskipun laga ini menjadi penentuan lolos tidaknya Liverpool ke babak gugur Europa League. Luis Suarez sendiri memang dibawa oleh Rodgers guna memastikan 3 poin demi tiket ke babak selanjutnya, serta memanfaatkan opsi mengingat pemain berkebangsaan Uruguay tersebut mendapat hukuman larangan bertanding di Liga Utama Inggris selama satu pertandingan setelah menerima kartu kuning kelima di laga melawan Southampton pada Sabtu(2/12).

Liverpool dalam klasemen sementara Grup A Europa League, berada pada peringkat kedua dengan koleksi 7 poin agregat 1 gol unggul dari Young Boys yang memiliki poin sama 7 namun agregat gol -1. Sementara di peringkat pertama adalah klub Rusia, Anji Makhachkala dengan torehan 10 poin. Udinese sendiri berada pada juru kunci klasemen dengan perolehan 4 poin. (G006)