Jakarta (ANTARA News) - Percobaan penyelundupan BBM bersubsidi jenis biosolar digagalkan petugas Polsek Ciputat. Modusnya, kelompok pelaku membeli biosolar di SPBU, kemudian memindahkannya ke tangki di dalam mobil yang dipakai.


Kepala Polsek Metro Ciputat, Komisaris Alip, Rabu, mengatakan, "Mereka ditangkap di SPBU 34-15418, Jalan RE Martadinata, Ciputa." Kelompok itu terdiri dari AN sebagai bos, AM (sopir), dan YA (kernet). Cara pelaku melakukan aksinya terhitung sederhana.

Mereka memakai truk yang baknya disulap sebagai tempat meletakkan tangki terbuat dari baja. Untuk menyamarkan, di atas tangki ditaruh karung pasir. Tangki berkapasitas hingga 4.000 liter.

Mereka membeli solar di SPBU secara biasa masuk ke tangki bahan bakar truk bernomer registrasi B 9223 WQA. Solar kemudian dipindah ke tangki penampungan di bak truk hingga tangki penuh.



BBM yang didapat pelaku rencananya dibawa ke Cakung, Bekasi. Dari keterangan pelaku, akan dibawa ke Cakung, di sana ada penampung untuk kemudian menjual BBM bersubsidi itu ke industri.




(ANT-009)