Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan mengirimkan bantuan sosial berupa sembako dan barang lainnya yang dimuat dalam empat truk untuk korban bencana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11).

"Semua barang yang dikirim ini tentunya sangat dibutuhkan saudara-saudara kita di Cianjur terutama selama mereka di pengungsian," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi saat melepas bantuan di halaman Mapolda Kalsel di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Polresta Banjarmasin kirimkan dua truk bantuan korban gempa Cianjur

Dia pun berharap bantuan bisa secepatnya sampai di Cianjur agar segera dapat dimanfaatkan para korban yang terdampak gempa.

Setibanya di Cianjur, kata dia, direncanakan bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi bersama Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Dewwy Andi Rian melepas bantuan untuk korban gempa Cianjur. (ANTARA/Firman)


Kapolda mengatakan bantuan akan terus dikumpulkan oleh Polda Kalsel dan Pengurus Bhayangkari Daerah Kalsel agar bisa dikirimkan lagi ke Cianjur.

Baca juga: Helikopter polisi salurkan bantuan gempa Cianjur ke wilayah terisolir

Menurut dia, banyaknya korban jiwa dengan luas area kerusakan bangunan rumah yang terdampak gempa membutuhkan kepedulian semua pihak untuk membantu.

"Polri dan Bhayangkari berkomitmen semaksimal mungkin bisa membantu, selain mengerahkan personel dalam proses evakuasi dan tahap pemulihan pascabencana," kata dia.

Baca juga: Polri kerahkan 16 anjing K-9 cari korban gempa Cianjur

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan bahwa sampai Kamis data korban terdampak gempa bumi dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur sebanyak 271 orang meninggal dunia, 2.043 orang luka-luka, dan 40 orang hilang.