Jakarta (ANTARA) — Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI) Sugi Purnoto memprediksi bisnis logistik dapat tumbuh sampai dengan 10%-20% persen menjelang akhir tahun 2022.



SCI juga memprediksi kontribusi sektor ini pada PDB akan berada di titik Rp 699,1 triliun pada 2022. “Faktor pemicunya adalah sudah selesainya masa karantina atau pandemi sehingga pergerakan ekonomi berjalan kembali normal,” ujarnya.



Salah satu industri yang mendorong pertumbuhan logistik di 2022 adalah FMCG. Menurutnya pertumbuhan di sektor logistik ini dorong oleh kebutuhan barang-barang kebutuhan pokok. Selain itu, juga didorong adanya pertumbuhan di industri otomotif, ekspor dan import.



“Ini didorong oleh kebutuhan pokok ketika lebaran kemarin, Natal dan Tahun baru juga akan mendorong pertumbuhan di sektor ini,” ungkapnya.



Hal tersebut membuat banyak pihak ingin masuk ke sektor ini, sehingga persaingan akan semakin sengit. Sugi melihat bahwa ke depan yang menjadi tantangan di sektor logistik yakni perusahaan harus memiliki inisiatif dan terobosan baru dalam memberikan layanan konsumen.



Salah satu contoh yang mampu bertahan di tengah gempuran persaingan yakni PT Krakatau Jasa Logistik (KJL). Anak usaha PT Krakatau Bandar Samudera ini berkembang agresif sejak tahun 2018.



KJL fokus memberikan layanan logistik terpadu terkait dengan pengiriman secara door to door service. Layanannya mencakup penanganan dokumen ekspor/impor, cargo handling, transportasi darat, laut dan udara serta menangani pengelolaan gudang.



Direktur Utama KJL Puji Winarto menyadari, iklim bisnis logistik sudah berubah sejak pandemi. Menurutnya perbedaan iklim bisnis logistik terletak pada ekosistem aplikasi yang terdigitalisasi. Pasalnya perusahaan jasa pengiriman barang berat perlu diterapkan teknologi sehingga pemantauan pengiriman barang bisa dilihat secara real-time.



“Perusahaan akan tertinggal jika masih menggunakan cara manual,” tuturnya. Padahal perubahan ini justru akan memberikan peluang baru bagi pemainnya jika mereka mau berubah.



Lalu apa strategi KJL menghadapi tantangan tersebut? Pertama, pihaknya menangkap peluang dengan mengembangkan aplikasi logistic solution yang dinamakan KILOGS (Krakatau Integrated Logistic Solution). Aplikasi ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari aktivitas logistik. Proses yang dilakukan adalah dengan mengintegrasikan informasi aktivitas antara pemilik barang dengan pemilik trucking.



Kedua, yang menarik, di era pandemi KJL justru melakukan perluasan pasar dengan melayani project BAKTI Papua. Selain itu KJL juga memberikan solusi penanganan cargo import pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company dengan menjadikan Pelabuhan Krakatau Bandar Samudera sebagai Hub penerimaan cargo raw material Pupuk Kujang dan Pupuk Sriwidjaja.



“Kami juga memperluas pasar multimodanya yaitu bisnis KA dengan rute Cilegon - Jakarta - Jawa Timur dengan layanan door to door services serta pengiriman barang menggunakan kapal laut baik intersuler maupun ekspor dan impor,” tukasnya.