Jakarta (ANTARA News) - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi mengatakan Indonesia selalu terbuka dalam hal kerjasama perdagangan antar negara.




"Banyak para pengusaha di sini terbuka untuk bekerjasama dengan pengusaha dari Amerika Latin," kata dia dalam Latin Business Forum 2012 di Jakarta, Senin.




Ia mengatakan, dalam acara ini, sangat besar kesempatan untuk membuka jaringan kerjasama karena Amerika Latin dan Indonesia saling membutuhkan.




"Indonesia perlu wawasan tentang Amerika Latin dan begitupun sebaliknya mereka juga perlu wawasan berbisnis di sini," kata dia.




Ia berharap pemerintah bisa memecahkan berbagai kendala dalam berbisnis dengan cara memberikan insentifuntuk pengusaha yang berinvestasi.




Sementara itu, CEO Vale Internasional Murillo Fereira mengatakan tertarik mengadakan kerjasama dengan Indonesia salah satunya dengan investasi melalui INCO di Sulawesi sebesar 2 miliar dolar AS untuk ekspansi pabrik pengolahan dan pemurnian di Sorowako serta pabrik pengolahan nikel di Bahodopi, Sulawesi Selatan. .




"Kami sangat tertarik berinvestasi di Indonesia. Kami sedang mencoba mengenalkan diri di Jakarta, Soroako, Makassar, dan menjaga hubungan baik antar kedua negara" kata dia.

(tri)