Balikpapan (ANTARA) - Sebanyak delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang pada Sabtu-Minggu (8-9/10), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini antara lain dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Jumat.

Baca juga: Jumat, Jaksel dan Jaktim diprakirakan hujan disertai petir

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Delapan kabupaten/kota yang mengalami peristiwa itu adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini potensi hujan dan petir pada Kamis sore

Ia merinci, di Kota Balikpapan pada Sabtu sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah.

Pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, pukul 05.00 dan 08.00 berpotensi terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur dan Balikpapan Kota.

Baca juga: Rabu, Jakarta diperkirakan hujan petir di selatan dan timur

Kabupaten Berau pada Sabtu sekitar pukul 14.00 dan 17.00 hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Talisayan dan Teluk Bayur.

Pukul 20.00 dan 23.00, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan mengguyur Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Batu Putih, Biatan, Biduk-Biduk, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Baca juga: Hujan disertai petir dan angin landa sebagian Jakarta pada Senin

Kabupaten Penajam Paser Utara pada Sabtu sekitar pukul 23.00, hujan lebat di Kecamatan Penajam, pada Minggu sekitar pukul 05.00 dan 08.00 wita, hujan petir di Kecamatan Babulu dan Waru.

"Kabupaten Paser pada Sabtu sekitar pukul 23.00, hujan petir berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan kecuali Long Kali dan Muara Samu, pada Minggu sekitar pukul 05.00 dan 08.00, hujan petir di semua kecamatan kecuali Muara Samu, Muara Komam, dan Long Ikis," ujar Ilham.

Baca juga: Hujan lebat disertai petir diperkirakan landa sejumlah kota besar
Baca juga: Waspadai hujan disertai petir di Jakarta Selatan