Batam (ANTARA) - Sebanyak 29.059 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Batam, Kepulauan Riau menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM dan sembako tahap 1 tahun 2022 sebesar Rp500.000 untuk setiap KPM.

Kepala Kantor Cabang Utama Pos Kepulauan Riau Elan Pramudiansyah di Batam, Kamis, menyebut pada hari ini untuk di Kota Batam ada 3.500 KPM yang menerima BLT BBM.

Baca juga: Dua persen APBD Sulbar untuk warga terdampak BBM

"Hari ini kita membuka sembilan titik lokasi untuk 3.500 KPM yang menerima BLT BBM. Dua hari lalu, untuk pembagian BLT BBM dan sembako mencapai 21.000 KPM dan semalam berubah menjadi 29.059 KPM yang tersebar di 12 kecamatan," kata Elan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pihaknya akan menggunakan metode komunitas kecil dari RT/RW dandari rumah ke rumah bagi lansia dan disabilitas.

"Penyaluran BLT ini kami targetkan dalam sepekan ke depan. Ini kami lakukan secara masif, mudah-mudahan program ini bisa kami salurkan dengan cepat sesuai target," ujar Elan.

Penyaluran dilakukan mulai Kamis (8/9). BLT BBM dan sembako ini disalurkan pemerintah untuk meminimalisasi dampak penyesuaian harga BBM.

Bantuan sosial ini berupa BLT BBM senilai Rp300 ribu/KPM dan bantuan sembako senilai Rp200 ribu/KPM, sehingga total bantuan yang diterima senilai Rp500.000/KPM.

Baca juga: Warga Kota Tangerang mulai menerima BLT BBM dan sembako

Baca juga: Surabaya targetkan penyaluran BLT BBM tahap pertama selesai 14 hari


Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan penyaluran bantuan dilakukan oleh PT. Pos yang ditunjuk oleh Kemensos untuk mendistribusikan BLT BBM dan bantuan sembako bulan September 2022.

"Mudah-mudahan bantuan yang sudah diberikan pemerintah ini bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya serta meringankan beban warga," kata Wali Kota.