Beijing (ANTARA) - Sebuah roket Long March-2D mengirim sekelompok satelit ke luar angkasa pada Sabtu (20/8) pagi waktu setempat, menandai 103 peluncuran sukses berturut-turut oleh seri roket pengangkut China tersebut.

Rekor sebelumnya untuk kesuksesan beruntun peluncuran roket Long March adalah 102, yang dicatat mulai tahun 1996 hingga 2011.

Sejak 5 Mei 2020, seri roket pengangkut China itu telah mencatatkan 103 kesuksesan berturut-turut hanya dalam waktu 27 bulan, mengangkut lebih dari 200 wahana antariksa ke orbit, yang meliputi sejumlah modul stasiun luar angkasa, sebuah wahana penjelajah Bulan, sebuah wahana penjelajah Mars, dan sejumlah wahana antariksa berawak, papar China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC), kontraktor antariksa utama negara tersebut.

China sedang mengembangkan wahana peluncuran berawak dan roket pengangkut beban berat generasi selanjutnya, yang akan mengantarkan misi-misi berawak ke Bulan di masa mendatang dan sejumlah ekspedisi lanjutan ke Mars, Jupiter dan asteroid, imbuh perusahaan tersebut.