Jakarta (ANTARA) - Askrindo bekerjasama dengan PAUD Institute memberikan penghargaan Guru PAUD Heroik tahun 2022 kepada Sri Tukini, seorang pengajar di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.



Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Askrindo atas dedikasi Sri untuk mengajara di wilayah yang jauh dari jangkauan.



Direktur Utama Askrindo, Priyastomo, mengatakan, sikap heroik dan pantang menyerah dari para guru PAUD yang statusnya pengajar non formal dan berada di daerah 3T serta di pelosok negeri menggugah pihaknya untuk mengangkat harkat mereka.



"Kami melihat sudah sepantasnya guru-guru PAUD diberikan apresiasi karena mereka telah mendedikasikan diri serta menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan dan membangun karakter generasi penerus, di mana hal ini sesuai komitmen Askrindo dalam bidang pendidikan," ujar Priyastomo.



Perempuan kelahiran Lampung 7 Maret 1981 ini sangat bersemangat demi dedikasi dan pengabdiannya pada dunia PAUD.



Walaupun Sri harus menempuh perjalanan kaki untuk bisa mengantarkan tugas ke anak didiknya, dirinya selalu memastikan bahwa mereka mampu dan dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.



Ia menuturkan bahwa dirinya sangat menikmati menjadi guru PAUD yang telah ditekuni sejak tahun 2015.



Dirinya memaparkan, banyak suka duka yang dihadapi.



“Sukanya, dapat menambah pengalaman di dunia anak, lalu wawasan tentang anak dan menggali tentang karakter anak didik," katanya bersemangat.



Adapun dukanya, Sri menuturkan bahwa pengabdiannya pernah berimbalan atau bergaji hanya Rp100 ribu per bulan. Belum lagi dirinya juga kerap diremehkan orang lantaran tidak layak mengajar dengan ijazah SMA Kejar Paket C.



"Tetapi saya tidak gentar, saya hadapi semua ini dengan sabar dan keyakinan kalau saya mampu melalui ini semua," ujarnya.