Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjanjikan dukungan terhadap produk tekstil lokal lewat kebijakan demi meningkatkan produk lokal dan penyerapan tenaga kerja.

ketika mengunjungi gudang sekaligus tempat produksi merek lokal Erigo.



"Ini produk yang 95 persen lokal, makanya harus kita dukung berupa kebijakan. Apalagi dari produk impor yang setengah baru setengah bekas. Oleh karena itu, keberpihakan kepada produk dalam negeri itu penting," kata Zulkifli Hasan ketika mengunjungi gudang sekaligus pabrik merek lokal Erigo di Legok, Tangerang, Kamis.



Menurut Mendag, kunjungannya tersebut dapat menjadi masukan Kementerian Perdagangan dalam mengambil kebijakan untuk melindungi produk lokal.

Baca juga: Mendag pastikan mi instan tidak naik 3x lipat

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga menyampaikan apresiasinya kepada manajemen dan produksi Erigo, usai berkeliling melihat sebagian lokasi produksi, gudang, dan penjualan yang terintegrasi.



Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat tersebut bahkan mendorong para investor untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan usaha milik Muhammad Sadad tersebut.



"Jika butuh investor, kami akan dukung, kami akan fasilitasi," ujar Mendag saat berbincang dengan Sadad usai kunjungan.



Sementara itu, CEO Erigo Muhammad Sadad menyampaikan terimakasih untuk dukungan dari pemerintah terhadap produk lokal yang ia kelola.



"Ini pertama kalinya ada kunjungan dari pihak pemerintah. Kami bersyukur sekali dan menjadi semangat buat kami untuk lebih maju ke depannya," ujar Sadad.

Baca juga: Mendag akan kirim 1.200 ton minyak goreng ke Maluku-Papua hari ini

Pria kelahiran Aceh tersebut menyebut bahwa Erigo akan fokus meningkatkan usaha dan tidak ingin berpuas diri.



Sadad juga bersyukur bahwa pandemi COVID-19 tidak menyurutkan usahanya, bahkan mendongkrak penjualan hingga 10 kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

"Karena kami punya banyak stok barang, maka saat pandemi, ketika yang lain berhenti produksi, kami siap untuk menggenjot penjualan. Jadilah naik 10 kali lipat," ujar Sadad.



Beroperasi selama hampir 10 tahun, Erigo akan mulai membuka fasilitas penjualan di Amerika Serikat dalam waktu dekat. Hal tersebut dilakukan untuk membawa merek Indonesia ke pasar global.