Bishkek (ANTARA) - Presiden Kirghizstan Sadyr Zhaparov melakukan pertemuan dengan Presiden Tajikistan Emomali Rahmon di Cholpon-Ata, Issyk-Kul Oblast, pada Jumat.

Pertemuan itu membahas kerja sama bilateral Kirghizstan dan Tajikistan, termasuk tentang agenda regional dan internasional, demikian keterangan pers kepresidenan Kirghizstan.

Satu kesepakatan disetujui dalam pertemuan itu yakni terkait peningkatan kegiatan Komisi Antar Pemerintah tentang Tinjauan Kerja sama Bilateral Komprehensif dan Komisi Antar Pemerintah tentang Delimitasi dan Demarkasi Perbatasan Negara Kirghizstan dan Tajikistan.

Zhaparov dan Rahmon memutuskan untuk melanjutkan tugas kelompok kerja antar lembaga yang mempertimbangkan sejumlah isu terkait dengan pemanfaatan air.

Terkait tugas Dana Internasional untuk Penyelamatan Laut Aral (IFAS), kedua pemimpin mendukung kelanjutan usaha semua negara kawasan untuk mereformasi struktur organisasi dan kerangka hukum kontraktual IFAS dengan mempertimbangkan kepentingan semua negara di kawasan tanpa terkecuali.

Kedua presiden menegaskan pentingnya untuk melanjutkan dialog politik secara reguler untuk memperkuat hubungan bertetangga yang baik antara kedua negara dan rakyatnya.

Mereka menegaskan perlunya penyelesaian sejumlah isu oleh kedua pihak secara damai melalui negosiasi diplomatis dan politis.

Sumber: Kabar-OANA