Jakarta (ANTARA) - Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama riset dengan lembaga riset internasional antara Korea dan Indonesia, Korea-Indonesia Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC).

"Sebagai sarana untuk meningkatkan dampak regional, nasional dan internasional, IPB University bekerja keras untuk menjalin kemitraan dengan organisasi lain," kata Wakil Rektor IPB bidang Internasionalisasi, Kerja sama dan Hubungan Alumni Dodik Ridho Nurrochmat dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Kerja sama itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Wakil Rektor IPB bidang Internasionalisasi, Kerja sama dan Hubungan Alumni Dodik Ridho Nurrochmat dengan Directors MTCRC Park Hansan dan Ivonne M Radjwane di IPB, Bogor, Jawa Barat.

Dari kerja sama tersebut, IPB menantikan perubahan bermanfaat bagi pendidikan tinggi di bidang pembelajaran, penelitian dan inovasi, serta pengabdian masyarakat.

Korea-Indonesia MTCRC adalah pusat penelitian bersama antar pemerintah di bidang Ilmu dan Teknologi Kelautan antara Korea yang diwakili oleh KIOST (Korea Institute of Ocean Science and Technology) atas nama MOF (Ministry of Oceans and Fisheries) dan Indonesia yang diwakili oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) atas nama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Korea-Indonesia MTCRC bertujuan untuk memperkuat dan mempromosikan kerja sama praktis di bidang ilmu dan teknologi kelautan antara kedua negara.

Korean Director MTCRC Dr Park Hansan menuturkan pihaknya telah aktif berkolaborasi dengan banyak pemangku kepentingan dan perguruan tinggi baik di Indonesia maupun Korea.

Kegiatan utama yang dilakukan MTCRC antara lain mendukung platform kerja sama, penelitian bersama, peningkatan kapasitas dan dukungan masyarakat lokal, termasuk dukungan untuk proyek-proyek Official Development Assistance (ODA).

"Kami berharap kerjasama ini dapat segera diwujudkan menjadi tindakan nyata,” katanya.

Sementara, Indonesian Director MTCRC Ivonne M Radjawane mengatakan MTCRC adalah pusat penelitian bersama antar pemerintah yang bertujuan memperkuat dan mempromosikan kerja sama di berbagai bidang ilmu dan teknologi kelautan antar kedua negara dan memperluas jejaring kerja sama MTCRC dengan berbagai instansi dan pemangku kepentingan di Indonesia termasuk di dalamnya adalah perguruan tinggi seperti IPB.

Saat ini MTCRC telah memiliki program kerja sama seperti remote sensing kelautan yang dapat dikerjasamakan dengan IPB.

Baca juga: IPB University hadirkan ahli anatomi dari Korsel pada kuliah tamu

Baca juga: IPB University-Kitami Institute Jepang teken MoU di bidang riset

Baca juga: Mahasiswa "Seoul Woman University" Berkunjung ke IPB

Baca juga: Kementan-IPB kerja sama tingkatkan kualitas SDM pertanian