Surabaya (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengatakan meneladani prinsip Rasulullah SAW yakni jujur (siddiq), tanggung jawab (amanah), transparan (tabligh), dan bersikap profesional (fathonah) adalah kunci agar sukses dalam setiap bidang kehidupan.

"Prinsip-prinsip (Rasulullah SAW) ini sebenarnya adalah rahasia sukses dalam kehidupan di bidang apapun," katanya dalam sambutan pada pembukaan Rembug Nasional Saudagar Nahdlatul Ulama dan NU Expo 2012, di Surabaya, Kamis.

Wapres pun mengajak masyarakat, khususnya pada warga NU dan peserta rembug untuk meneladani prinsip-prinsip yang dipegang Nabi Muhammad SAW tersebut.

"Apapun kiat-kiat yang digunakan dalam berusaha, prinsip dari Rasulullah SAW yaitu jujur, tanggung jawab, amanah, dan profesional ini harus selalu dipedomani," katanya.

Wapres yakin kaum Nahdliyin sebagai santri sudah terlatih dan terbiasa dengan sikap istiqomah, teguh, dan konsisten dalam menjalankan agama. "Disiplin yang sama ini bisa diterapkan dalam berusaha," kata Wapres.

Lebih lanjut Wapres mengatakan kunci sukses lainnya adalah sikap membuka diri terhadap ide-ide baru dan mau belajar dari mereka yang berhasil.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengatakan pengalaman menunjukkan bahwa salah satu upaya untuk memperbaiki kesejahteraan yang paling efektif dan cepat adalah melalui jalur pengembangan kewirausahaan. Mendorong kewirausahaan berarti menciptakan kemandirian.

"Warga NU sesungguhnya tidak asing dengan kemandirian umat secara ekonomi. Contohnya adalah pesantren yang merupakan pondasi kaum Nahdliyin mampu berdiri di atas kaki sendiri dalam memenuhi kebutuhannya," katanya.

Menurut Wapres, NU memiliki modal dasar yang luar biasa untuk mengembangkan pengelolaan usaha yang sukses. Modal dasar itu adalah jaringan raksasa pondok pesantren, serta alumni yang begitu banyak.

"Jika dapat memilih bidang usaha yang tepat, dan dikelola dengan tepat, dengan modal dasar jaringan yang luar biasa ini, saya sangat yakin para saudagar NU ini akan sukses dan berhasil," kata Wapres.

Sementara itu, dalam acara rembug nasional, Wapres didampingi oleh Ibu Herawati. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo beserta istri.

"NU Expo 2012" yang akan berlangsung hingga 29 Januari itu diikuti 256 stand dari seluruh Tanah Air yakni 206 stand bersifat "in door" dan 50 stand bersifat "out door" serta dimeriahkan dengan "Nyantri in Mall" yang menampilkan sejumlah kiai dan penyanyi religi.
(T.H017/E011)