Jakarta (ANTARA) - Lembaga Administrasi Negara (LAN) bersama Pijar Foundation meluncurkan program ASN Berpijar untuk mengembangkan kompetensi dan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) di era digital guna beradaptasi dengan perkembangan global.

"Momen hari ini adalah momen yang penting, karena penandatangan nota kesepahaman ini menandai pergerakan perubahan birokrasi dengan terus meningkatkan kapasitas kompetensi ASN digarap dengan lebih serius, kreatif, inovatif," kata Kepala LAN Adi Suryanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Adi Suryanto menyampaikan apresiasi kepada Pijar Foundation yang berkolaborasi dan bergerak bersama dalam memberikan dukungan energi baru dari kalangan muda melalui program ASN Berpijar.

"Ini merupakan sesuatu yang sangat berarti sekali karena kami mendapat energi baru. Kami sedang terus berupaya mengejar berbagai perkembangan dan membangun cita-cita menuju smart government di masa depan. LAN sangat terbantu karena gerakan yang teman-teman lakukan akan sangat mendukung kebijakan terkait pengembangan kompetensi," jelasnya.

Dia juga berharap Nota Kesepahaman terkait Penguatan Kapasitas dan Pengembangan Kompetensi ASN yang telah ditandatangani tersebut dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Baca juga: Mendikbudristek: Guru non-ASN lolos "passing grade" diprioritaskan

Kerja sama antara LAN dengan Pijar Foundation itu, katanya, diharapkan mampu memperluas jangkauan sebagai upaya pengembangan kompetensi ASN, sehingga dapat mengakselerasi tercapainya reformasi birokrasi.

"Ini akan memperkuat lagi yang sudah kami lakukan sehingga akan semakin masif. Program ini juga diharapkan tidak hanya menyasar ASN milenial, namun juga juga para ASN senior. Mari sediakan ruang, jalan, kesempatan, dan peluang untuk maju. Jangan sampai ada generasi yang merasa menjadi pengangguran dalam birokrasi. Maka dari itu, sekarang kesempatan kita bersama-sama mempercepat reformasi birokrasi," ucapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Pijar Foundation Ferro Ferizka Aryananda juga menyampaikan kebanggaannya dapat bekerja sama dengan LAN.

"Bekerja sama dengan LAN dalam mendorong akselerasi ASN merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami di Pijar Foundation. ASN Berpijar diharapkan hadir sebagai pelopor dalam peningkatan kapasitas dan efisiensi kinerja ASN, serta mendorong inovasi-inovasi baru terkait alur kerja birokrasi," ujar Ferro.

Dengan meningkatkan inovasi berbasis data dan penggunaan teknologi dalam upaya pelayanan kepada masyarakat, maka ke depan diharapkan terwujud pemerintahan yang lebih transparan, bertanggung jawab, efisien, dan efektif.

Baca juga: Yayasan Pijar gelar program peningkatan SDM bagi ASN