Palembang, 12/1 (ANTARA) - Ketua DPR RI yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, H Marzuki Alie, memberikan sinyal atau tanda bahwa partainya siap mendukung pengusaha, H Mularis Djahri, untuk maju menjadi calon wali kota Palembang periode 2013-2018 mendatang.

"Bagi kami, siapa pun kader, termasuk mereka yang berjasa terhadap Partai Demokrat mempunyai peluang yang sama untuk diusung, termasuk saudara Mularis yang sudah berjuang bersama-sama sejak 2004 lalu," kata Marzuki, ketika diminta tanggapannya tentang siapa calon wali kota yang akan diusung Partai Demokrat, seusai acara peresmian kantor cabang Bank Muamalat, di Palembang, Kamis.

Menurut Marzuki, prinsipnya, siapa pun yang diusung partainya itu harus mempunyai nilai jual dan harapan untuk menang.

Kalau calon wali kota yang akan diusung tidak mempunyai nilai jual dan harapan untuk menang, pihaknya tidak akan memaksakannya karena akan mengorbankan Partai Demokrat, kata dia lagi.

"Kita juga harus meyakinkan kepada siapa pun kader kita dan pendukung kita bahwa kalau kita mengusung seseorang untuk maju dalam pemilihan kepala daerah itu, prinsipnya harus menang," ujar politikus asal Sumsel itu pula.

Sampai sekarang partai belum menentukan satu nama untuk diusung menjadi calon wali kota Palembang, karena sekarang masih dalam proses penjaringan kader terbaik, dan dirasakan masih terlalu dini membicarakan pemilihan kepala daerah karena masih lama, sekitar Mei 2013, ujar Marzuki.

H Mularis Djahri, salah seorang kandidat yang telah menyatakan siap maju menjadi calon wali kota Palembang dan bertekad dapat merebut kursi "Palembang satu", mengatakan, sangat setuju dengan apa yang dikatakan Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat, Marzuki Alie yang menyebutkan, partai akan mengusung kader yang telah berjasa terhadap partai dan yang memiliki nilai jual sebagai pemimpin harapan masyarakat.

"Saya masih perlu melihat lebih dulu dukungan dari masyarakat di Palembang ini, kalau memang nanti dukungan masyarakat kepada saya untuk maju dalam pemilihan wali kota cukup baik, saya akan coba mendaftarkan diri melalui Partai Demokrat dan partai lain yang terbuka buat saya," ujar pengusaha yang berhasil mengembangkan dan membangun beberapa unit usaha di bawah bendera PT Campang Tiga itu.

Walaupun tercatat sebagai kader Demokrat, menurut Mularis, dia tetap akan mengikuti mekanisme partai itu dengan baik, sehingga siapapun yang akan diusung adalah benar-benar kader yang terbaik.

Sebelumnya, Ketua DPW PAN Sumsel, H Iskandar, juga telah menunjukkan sinyal bahwa partainya akan mendukung H Mularis Djahri, untuk pencalonan wali kota Palembang pada pilkada tahun 2013 mendatang.

"Pencalonan Mularis atau siapa pun kita 'welcome' untuk itu, yang pasti bukan harga mati diberikan kepada kader sendiri, semuanya terbuka untuk umum," ujar adik kandung Menko Perekonomian Hatta Rajasa itu pula.

Mengenai mekanisme pencalonan, ia menjelaskan, pihaknya tetap berkaca dari hasil survei yang dilakukan.

Menurut dia, kalau hasil survei calon yang dijaring layak "dijual" kepada masyarakat, berarti figur tersebut akan dicalonkan.

Ia menyatakan, untuk survei berkaitan pencalonan Mularis, sekarang prosesnya sedang berjalan dan dilakukan secara berkala, karena pemilihan wali kotanya berlangsung tahun 2013 nanti, artinya masih ada waktu satu tahun bekerja.

Penjaringan calon dari PAN, akan dilakukan pada pertengahan tahun 2012, sedangkan penjaringan calon wakil wali kotanya akan diserahkan kepada calon wali kota yang bersangkutan, demikian Iskandar.