Manchester (ANTARA News) - Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson bersiap untuk kembali memainkan Wayne Rooney pada pertandingan Liga Utama Inggris melawan Newcastle United pada Rabu, menyusul absennya penyerang internasional Inggris tersebut pada laga melawan Blackburn Rovers.

Ferguson mengungkapkan kalau Rooney akan dimainkan, setelah sang penyerang tersebut tidak dimainkan sama sekali ketika mereka kalah 2-3 dari tim zona degradasi, Blackburn, di Old Trafford pada malam tahun baru.

Menurut laporan, Ferguson menjatuhkan denda pada Rooney dan dua rekannya, Johny Evans dan Darron Gibson, dan memaksa mereka berlatih saat hari libur, akibat ketiga pemain tersebut kedapatan berjalan-jalan pada malam menjelang Boxing Day.

Namun Ferguson kelihatannya akan kembali memainkan Rooney di St James Park, dengan berkata ke stasiun radion XM pada Senin, "Anderson seharusnya sudah lebih baik, ia bermain 45 menit pada Sabtu setelah beberapa bulan absen. Dan Wayne Rooney tentu saja sudah dapat dimainkan."

"Kami melakukan beberapa sesi latihan yang ia (Rooney) lewatkan. Anda harus benar-benar bugar untuk bermain di liga ini, anda tidak dapat melewatkan sesi latihan."

Beberapa surat kabar Inggris melaporkan kalau Rooney dihukum karena melakukan latihan dengan buruk pada 27 Desember setelah pada malam Boxing Day berjalan-jalan bersama istrinya, Coleen, dan Evans serta Gibson. Hal tersebut dilarang oleh tim.

Rooney dijatuhi denda sebesar gajinya sepekan - 200.000 pounds, begitu juga bek internasional Irlandia Utara, Evans, dan gelandang Republik Irlandia, Gibson, demikian bunyi laporan itu.

Mereka bertiga diminta datang oleh Ferguson pada Rabu - yang merupakan hari libur - dan melakukan latihan, sebagai pengganti sesi latihan pagi di mana United kalah dari Blackburn.

Meski insiden tersebut mengingatkan ancaman Rooney untuk meninggalkan klub pada Oktober 2012 sebelum kemudian kontraknya diperbarui, beberapa surat kabar menyebutkan bahwa masa depan sang pemain di Old Trafford tidak berada dalam masalah.

Sumber The Daily Mail yang mengetahui situasi internal klub berkata kalau hukuman Ferguson pada Rooney tidak akan memiliki dampak jangka panjang terhadap hubungan kerja kedua sosok tersebut.

United saat ini memiliki koleksi poin yang sama dengan pemimpin klasemen, Manchester City. Mereka hanya kalah selisih gol, karena sebelumnya City pun secara mengejutkan kalah 0-1 dari Sunderland, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF/A016)