Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jawa Barat akan menutup jalur menuju kawasan Puncak-Cipanas pada malam pergantian tahun mulai pukul 19.00 sampai pukul 3.00 WIB untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas.

Penutupan dimulai dari perempatan Tugu Ngaos, Mamaos, Maenpon (Hypermart) Cianjur, menuju arah Cipanas hingga Puncak, kata Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Gatot Satrio Utomo, Senin.

"Tidak terkecuali kendaraan roda dua atau empat. Setelah pukul 19.00 WIB tanggal 31 Desember, seluruh kendaraan tidak diperbolehkan melintas di jalur tersebut. Kecuali warga yang berdomisili di kawasan Cipanas atau Puncak," katanya.

Hal yang sama juga dilakukan pihak Polres Bogor, dimana pada jam yang sama, dari arah Bogor menuju Puncak-Cipanas, ditutup total pada malam Tahun Baru hingga pukul 3.00 WIB.

"Upaya tersebut dilakukan agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan dan ditakutkan terjadi macet total. Karena kawasan Puncak merupakan kawasan favorit dan pusat keramaian setiap malam pergantian tahun," ungkapnya.

Penutupan juga akan disosialisasikan dengan membagikan brosur kepada pengguna jalan di jalur menuju Cipanas-Puncak.

Pada Senin menjelang malam jumlah kendaraan yang menuju kawasan Puncak terus meningkat dan didominasi kendaraan bernomor polisi Jakarta (B).

Sebagian besar pendatang hendak menghabiskan malam pergantian tahun di kawasan Puncak dan Cipanas. Mereka mengaku sengaja datang jauh hari guna menghindari kemacetan.

"Kami sengaja datang lebih awal ke Puncak, untuk merayakan libur panjang sekolah anak-anak, sekaligus merayakan pergantian tahun di salah satu villa milik kami di kawasan Gadog-Cipanas," kata Heru (39) pendatang asal Jakarta Timur.

Dia menambahkan, meskipun pergantian tahun masih beberapa hari kedepan, namun kepadatan arus kendaraan menuju Puncak-Cipanas, telah terjadi. Bahkan, kata dia, untuk sampai di kawasan Cipanas, dia dan anggota keluarganya menghabiskan waktu hingga 6 jam.

"Biasanya keluar dari tol Ciawi, sampai Cipanas, kami hanya butuh waktu 30-40 menit. Tapi pagi tadi, kami tertahan hingga 4 jam di kawasan Cisarua dan 2 jam di kawasan Puncak, karena padatnya kendaraan menuju Puncak," katanya dengan nada kesal.

(KR,FKR)