Jakarta (ANTARA News) - Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta menyediakan area khusus wanita di dalam busway.

"Tempat duduk area khusus kaum hawa berada di bagian depan dekat sopir sampai bagian pintu tengah," kata Kepala BLU Transjakarta Muhammad Akbar, Jumat.

Ia mengatakan, area khusus itu diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap wanita dan telah diluncurkan bertepatan dengan Hari Ibu pada 22 Desember 2011.

"Tujuan diadakan area khusus wanita di dalam busway agar dapat menimbulkan rasa aman di dalam bus, khususnya bagi kaum wanita," ujarnya.

Area khusus wanita itu ditandai stiker dan cain flag berukuran 15x50 cm. "Pengaturan duduk secara teknis akan diatur di lapangan. Pemberlakuan area khusus wanita diterapkan di seluruh armada dan koridor," katanya.

Area khusus wanita itu diberlakukan selama jam beroperasinya bus Transjakarta. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan survei terhadap ratusan wanita yang menghendaki keamanan lebih baik di dalam bus Transjakarta.

"Khususnya kaum hawa yang bekerja di perkantoran di kawasan Sudirman yang kerap kali pulang malam hari. Kaum ibu menghendaki adanya layanan transportasi publik yang lebih aman saat pulang malam hari," katanya.

Akbar menegaskan, area khusus wanita hanya untuk wanita, tidak berlaku untuk yang mendampinginya, kecuali si pendamping adalah juga wanita.

"Misalnya si wanita bersama suami ataupun pacarnya, maka pasangannya harus duduk di belakang. Kita ada pengecualian, penumpang laki-laki boleh berdiri di area wanita jika bus penuh seperti pada jam-jam tertentu," tegasnya.(*)

ANT/S023