London (ANTARA News/AFP) - Penyerang Liverpool Luis Suarez dikenai hukuman larangan bermain untuk delapan pertandingan pada Selasa, setelah sidang dengar pendapat komite disiplin FA menyatakan bahwa dirinya telah melakukan pelecehan rasial terhadap bek Manchester United, Patrice Evra.

Persidangan yang berlangsung lama ini dimulai pada Rabu pekan lalu, setelah sebelumnya dilakukan proses investigasi selama sebulan lebih, akhirnya memutuskan kalau Suarez - yang juga didenda 40.000 pound - telah melecehkan Evra pada pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 1-1 di Anfield tersebut pada 15 Oktober.

Suarez (24) menyatakan kalau dirinya sangat terpukul dengan keputusan tersebut.

"Hari ini merupakan hari yang sangat sulit dan menyakitkan bagi saya dan keluargaku. Terima kasih untuk semua dukungan, saya akan terus bekerja," demikian dinyatakan Suarez melalui akun Twitternya.

Pasca pertandingan tersebut, Evra segera mengatakan kalau Suarez telah melecehkannya beberapa kali.

Kepada stasiun televisi Prancis Canal Plus, Evra mengatakan kalau Suarez telah melakukan pelecehan rasial kepadanya `lebih dari sepuluh kali` sepanjang pertandingan.

"Saya sangat bingung," kata Evra saat itu. "Pada 2011 anda tidak dapat mengatakan hal-hal seperti ini. Ia tahu apa yang dikatakannya, wasit mengetahuinya, ini akan terbukti."

"Saya tidak akan mengulangi apa yang ia katakan, tetapi itu merupakan kata-kata rasis, dan ia mengatakannya lebih dari sepuluh kali. Ia mencoba membuat saya marah. Saya tidak akan membuat membesar-besarkan hal itu, tetapi itu sangat membingungkan dan mengecewakan."

Panel disiplin FA menyetujui kata-kata Evra, seperti yang diungkapkan dalam pernyataannya pada Selasa, "Komisi regulasi independen hari ini memberi sanksi atas tindakan tidak layak yang terbukti dilakukan Luis Suarez, dan telah menjatuhkan sanksi untuk periode delapan pertandingan, serta mendenda 40.000 pounds, sambil menanti upaya banding."

Komisi tersebut menambahkan, "Tuan Suarez menggunakan kata-kata yang menghina terhadap Tuan Evra sepanjang pertandingan, yang bertentangan dengan Peraturan FA E3 (1)."

"Kata-kata penghinaan yang digunakan oleh Tuan Suarez memasukkan referensi terhadap warna kulit Tuan Evra, dalam arti Peraturan E3 (2)."

"Tuan Suarez akan diperingati terkait tingkah lakunya di masa depan, ia dilarang bermain untuk delapan pertandingan yang mencakup semua pertandingan kompetitif tim utama, dan didenda sebesar 40.000 pound."

"Hukuman ini ditunda sambil menunggu setiap upaya banding yang dilakukan oleh Tuan Suarez terhadap keputusan ini."

Liverpool, yang pada beberapa kesempatan selalu menyatakan dukungannya pada Suarez, pada Selasa mengatakan kalau mereka `sangat terkejut dan kecewa` dengan keputusan FA.

Mereka menambahkan kalau pihaknya akan `mempertimbangkan segala hak untuk mengajukan banding atau tindakan lain yang dirasakan sesuai dengan situasi ini.`

Pada pernyataannya, Liverpool mengatakan kalau mereka tetap menganggap Suarez `tidak melakukan aksi rasis apapun` pada pertandingan tersebut.

"Kami sangat terkejut bahwa Suarez dinyatakan bersalah karena kata-katanya terhadap Patrice Evra, di mana tidak seorang pun di lapangan - termasuk rekan-rekan setim Evra di Manchester United dan semua petugas pertandingan - mendengar percakapan yang dituduhkan di antara kedua pemain, di mulut gawang di depan penonton Kop yang sangat ramai, ketika tendangan penjuru sedang dilakukan."

"Liverpool memandang kalau semua bentuk rasisme tidak dapat diterima - tanpa kompromi. Ini adalah keyakinan kuat yang telah kami pegang, terlepas dari fakta kasus ini, bahwa Suarez tidak melakukan tindakan rasisme apapun."

"Dalam opini kami, tuduhan yang dilakukan pemain tertentu tidak dapat dipercaya - tentu semakin tidak dipercaya berdasarkan tuduhan sebelumnya yang tidak terbukti."

Pernyataan tersebut mengacu ke kasus pada 2008, ketika Evra berkelahi dengan staf lapangan Chelsea, di mana pernyataan Evra dinilai `berlebihan dan tidak dapat dipercaya.`

Pernyataan Liverpool menambahkan, "Kami juga ingin tahu apakah FA berniat menjatuhkan sanksi pada Patrice Evra karena membuat komentar kasar pada lawannya, setelah ia mengakui kalau dirinya menghina Luis Suarez dalam bahasa Spanyol dengan sebagian kata-kata yang tidak menyenangkan."

Suarez, didatangkan dengan biaya transfer sebesar 23 juta pound dari klub Belanda Ajax Amsterdam pada Januari, telah mencetak delapan gol dari 19 penampilannya bersama Liverpool musim ini.

Ia masih dapat bermain selama proses banding masih berlangsung, karena itu ia dapat tampil pada pertandingan tandang melawan Wigan Athletic, Rabu (21/12).
(H-RF/A016)