Beijing (ANTARA) - China merilis sebuah basis data spesies nasional yang diperbarui, yang dikenal dengan Daftar Periksa Tahunan Katalog Kehidupan China 2022, menurut Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS) pada Minggu (22/5).

Daftar periksa tahun ini menambahkan 10.343 spesies dibandingkan dengan daftar periksa pada 2021, sehingga total spesies yang tercatat menjadi 138.293, yang terdiri dari 68.172 spesies hewan, 46.725 spesies tumbuhan, dan 17.173 spesies jamur.

Daftar periksa spesies tersebut memberikan basis data yang bermanfaat bagi penelitian keanekaragaman hayati, konservasi, dan pembuatan kebijakan, kata seorang pejabat dari Komite Keanekaragaman Hayati di bawah naungan CAS, sembari menambahkan bahwa China merupakan satu-satunya negara yang merilis daftar periksa spesies biologis setiap tahun.

Daftar tersebut disusun bersama oleh para peneliti dari Institut Zoologi, Institut Botani, Institut Mikrobiologi, Institut Biologi Chengdu, dan Institut Kelautan di bawah naungan CAS, serta lembaga lainnya.