Jakarta (ANTARA) - Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) yang akan dicanangkan di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) merupakan komitmen pemerintah membangun perbatasan dengan memperkuat sinergi.

"Kegiatan Gerbangdutas adalah tindak lanjut arahan Bapak Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP untuk terus mendorong kebijakan dan langkah kolektif bersama semua stakeholders," kata Sekretaris BNPP Restuardy Daud melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selain itu, katanya, termasuk dalam rangka mempertegas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mendorong pemerataan pembangunan, dan upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan negara.

Baca juga: BNPP turunkan tim advance meninjau lokasi pelaksanaan Gerbangdutas

Ia mengatakan pencanangan Gerbangdutas Tahun 2022 akan diawali dengan kegiatan di Manado berupa pengarahan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah BNPP, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai Kepala BNPP.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Talaud untuk pencanangan Gerbangdutas 2022 dan melihat kondisi Pulau Miangas pada 24 Mei 2022.

Tema yang diangkat pada pencanangan Gerbangdutas Tahun 2022 adalah "Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural".

Baca juga: BNPP: TNI-Polri tutup jalur tradisional RI-PNG terkait Omicron
Baca juga: BNPP sebutkan empat strategi kembangkan wilayah perbatasan


"Ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menyukseskan kebijakan pembangunan nasional tahun 2022 yang dicanangkan Presiden RI," kata Restuardy.

Kegiatan tersebut akan mencanangkan kegiatan multistakeholders di seluruh kawasan perbatasan negara yang dilaksanakan di 222 kecamatan lokasi prioritas pada 54 kabupaten/kota di 15 provinsi.

Pulau Miangas adalah salah satu pulau-pulau kecil terluar (PPKT) berpenduduk yang menjadi prioritas penanganan karena lokasinya berada di paling utara wilayah NKRI dan berbatasan langsung dengan Filipina.