Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengatakan, bahwa Peringatan Hari Buruh atau Mau Day tingkat kabupaten yang diperingati pada 15 Mei ini dapat mengingatkan pentingnya komitmen membangun kembali hubungan ketenagakerjaan.

"Peringatan Hari Buruh ini adalah mengingatkan kepada kita semua akan pentingnya komitmen untuk membangun kembali hubungan dunia ketenagakerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha dan pemerintah," katanya dalam sambutan Peringatan May Day 2022 di Bantul, Minggu.

Selain itu, kata Bupati, peringatan Hari Buruh diharapkan juga menjadikan peringatan Hari Buruh Internasional sebagai momentum untuk menghidupkan kembali nilai nilai luhur hubungan industrial Pancasila.

Kemudian sekaligus sebagai momentum untuk mengurangi permasalahan dan problematika ketenagakerjaan yang dihadapi selama ini.


Baca juga: KSPI apresiasi Polri bantu amankan "May Day Fiesta" di GBK

Baca juga: Kapolri harap para buruh semakin sejahtera

"Prinsip nilai luhur hubungan industrial Pancasila sangat efektif dalam meredam berbagai gejolak di bidang ketenagakerjaan khususnya dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis," katanya.

Apalagi, kata Bupati, nilai tersebut mengedepankan prinsip-prinsip adaptif, kolaboratif melalui dialog sosial, musyawarah untuk mufakat, kekeluargaan serta gotong royong.

"Dengan hubungan industrial yang harmonis, maka kelangsungan usaha dan produktivitas akan terjaga yang pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak, baik pengusaha ataupun pekerja," katanya.

Bupati mengatakan, Pemkab Bantul berharap adanya hubungan industrial yang harmonis, reformasi pengawasan, pengembangan ekosistem digital ketenagakerjaan dan reformasi birokrasi manajemen ketenagakerjaan.

"Karena sektor industri yang banyak menyerap tenaga kerja menjadi salah satu sektor unggulan pembangunan Kabupaten Bantul," katanya.

Baca juga: Kapolri apresiasi "May Day Fiesta" di GBK berlangsung damai

Baca juga: Massa buruh suarakan 18 tuntutan di DPR dan GBK pada 14 Mei 2022