Bandung (ANTARA News) - PTKA Daop II Bandung menyiapkan sejumlah kereta tambahan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang pada liburan Natal dan Tahun Baru 2012.

"Diprediksi akan terjadi kenaikan penumpang sekitarn 20-30 persen pada akhir tahun nanti, tidak ada rangkaian KA tambahan, namun hanya menambah jumlah kereta pada rangkaian yang ada," kata Kepala Humas Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Selasa.

Kenaikan jumlah penumpang itu menurut Bambang akan terjadi di semua KA baik eksekutif maupun kelas ekonomi, khususnya jurusan ke timur. Namun demikian KA Argo Parahyangan Bandung - Jakarta juga akan mengalami kenaikan penumpang akhir tahun.

Tanda-tanda peningkatan penumpang akhir tahun sudah mulai terlihat dalam reservasi tiket KA untuk pemberangkatan mulai 23 Desember hingga 31 Desember 2011 yang rata-rata sudah mencapai 35 persen.

Bahkan untuk pemesanan tiket per 23-24 Desember 2011 telah mencapai 50 persen, yang diprediksi pemesanan akan terus meningkat.

"Pemesanan tiket dilakukan sejak H-40 sebelum keberangkatan, kami tidak memberlakukan tiket kelas berdiri, namun hanya menjual tiket sesuai dengan kapasitas tempat duduk," kata Bambang.

Selain itu, PTKA juga akan melakukan penyesuaian tarif untuk KA komersial untuk periode angkutan 23 - 31 Desember 2011 disesusikan dengan mekanisme tarif batas atas.

Kenaikan tertinggi yakni untuk KA Argo Wilis dan Turangga Bandung - Surabaya yakni Rp350 ribu per orang. Sedangkan pada hari-hari biasanya tiket KA kelas eksekutif andalan Daop II Bandung itu Rp285 ribu per orang.

Terkait kereta tambahan, Bambang menyebutkan kemungkinan diberlakukan untuk KA komersial maupun KA ekonomi yang disesuaikan dengan peningkatan jumlah penumpang.

"Biasanya penambahan kereta itu dilakukan satu sampai dua unit untuk setiap rangkaiannya. Tidak ada penambahan jadwal perjalanan KA khusus," kata Bambang menambahkan. (S033/I006)