Kiev (ANTARA) - Pemerintah Ukraina telah menyetujui penyitaan aset-aset Rusia di Ukraina, seperti disampaikan Perdana Menteri (PM) Ukraina Denys Shmyhal pada Selasa (10/5).

"Hari ini, Kabinet Menteri menyetujui sebuah dokumen yang menyatakan bahwa aset-aset Rusia di Ukraina dialihkan ke negara (Ukraina), atau lebih tepatnya ke perusahaan negara 'Dana Investasi Nasional'," tulis Shmyhal melalui Telegram.

Aset-aset Rusia itu akan dimasukkan dalam pengelolaan Dana Investasi Nasional Ukraina dan akan digunakan untuk memperkuat angkatan bersenjata Ukraina, membantu warga, serta membangun kembali infrastruktur, kata Shmyhal.

Pemerintah Ukraina sedang bekerja sama dengan negara-negara lain guna menyita aset-aset Rusia di luar negeri dan menggunakan dananya untuk pemulihan Ukraina pascakonflik, imbuhnya.

Pada April, Shmyhal mengatakan bahwa Kiev berusaha menyita aset-aset Rusia untuk mendanai pemulihan Ukraina pascakonflik. "Dana pemerintah dan oligarki Rusia akan menjadi salah satu sumber utama untuk menambah Dana Rekonstruksi negara kita," ujar Shmyhal di Telegram.