Semarang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sukses mempertahankan gelar juara umum dalam program penghijauan dan konservasi alam "Wana Lestari" dari Kementerian Kehutanan, selama lima tahun berturut-turut, sejak 2007 hingga 2011.

"Pemerintah mengapresiasi kinerja Jawa Tengah dalam menjaga konservasi hutan dengan penghargaan Wana Lestari," kata Gubernur Bibit Waluyo di Semarang, Senin.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah yang menghayati, memaknai, dan melaksanakan proses penghijauan, hingga diraih penghargaan tersebut.

Menurut dia, masyarakat Jawa Tengah telah memahami tentang konsep pemberdayaan hutan, sehingga dapat memberikan nilai tambah.

"Mari kita berlomba-lomba dalam memanfaatkan hutan hingga kembali hijau," katanya.

Selain penghargaan Wana Lestari, kata dia, Jawa Tengah juga sukses meraih tempat kedua dalam kegiatan penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan pemerintah.

"Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan menjadi tiga besar daerah di Indonesia yang meraih penghargaan dari pemerintah pusat," katanya.

Gubernur Bibit Waluyo menerima penghargaan juara umum program penghijauan dan konservasi alam "Wana Lestari" dan peringkat II program penanaman satu miliar pohon dari Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, saat puncak Hari Menanam di Sentul, Bogor, Senin.
(I021/M029)