Jakarta (ANTARA) - Polri memprediksi waktu tempuh perjalanan dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai Cikampek sekitar 5 jam 50 menit pada Minggu atau H+5 lebaran, kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Pasalnya, kepolisian telah menerapkan sistem jalur satu arah (one way) di beberapa ruas jalan tol demi mencegah penumpukan kendaraan dan mengurai kemacetan.

“Hari Minggu 8 Mei 2022 pukul 12.00 WIB masih pelaksanaan one way dari kilometer (KM) 414– KM 66 arah Jakarta (Tol Kalikangkung KM 414–Palimanan KM 188 sampai dengan KM 66 Tol Japek (Jakarta—Cikampek),” kata Dedi Prasetyo sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sementara itu, kepolisian juga menerapkan satu jalur lawan arus (contraflow) di KM 66—KM 47—KM 28 Tol Cikampek di bawah jalan layang sehingga arus kendaraan ramai lancar.

Ia menambahkan lalu lintas dari arah Trans Jawa menuju Jakarta ramai lancar, begitu pun sebaliknya.

Baca juga: "One way" di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang berlanjut hingga Sabtu

Baca juga: Jasa Marga pastikan GT Kalikangkung siap hadapi arus mudik dan balik


"Untuk arus balik pada pukul 12.00 WIB, lalu lintas di Tol Kalikangkung arah Jakarta terpantau lalu lintas ramai lancar — pintu pertama arus balik diterapkan one way," tutur Dedi.

Kemudian, lalu lintas di Tol Palimanan arah Jakarta juga ramai lancar setelah diterapkan one way di KM 188– KM 66.

Lalu lintas di Tol Cikampek arah Jakarta sebelum gerbang tol sempat terpantau ada kepadatan antrean terutama pada pukul 12.00 WIB. Namun setelah gerbang tol, lalu lintas kendaraan jadi ramai lancar karena pada KM 66 sampai KM 28 ada contraflow.

Sementara itu, pada jalur dari Jakarta menuju Trans Jawa juga terpantau ramai lancar terutama pada pukul 12.00 WIB, ucap Dedi menambahkan.

Dalam keterangan yang berbeda, Kadiv Humas Polri juga menyampaikan ada 76.706 kendaraan roda empat masuk Jakarta dari empat gerbang tol utama di Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi pada Minggu atau H+5 lebaran sampai pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Arus kendaraan di gerbang Kalikangkung saat satu arah diterapkan

Jumlah kendaraan roda empat yang masuk Jakarta pada H+5 lebaran naik 77,5 persen daripada keadaan normal sebanyak 43.211.

"Volume lalu lintas (kendaraan) masuk Jakarta H+5 (lebaran) di Gerbang Tol Cikampek Utama (arah Jakarta) sebanyak 37.559 atau naik 314,5 persen terhadap (jumlah kendaraan pada keadaan) normal sebanyak 9.062," ujar dia.