Banda Aceh (ANTARA) - Polres Aceh Barat menempatkan ratusan personel untuk mengamankan arus balik libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, di sejumlah lokasi dan titik rawan kemacetan guna melancarkan arus lalu-lintas.

“Salah satu penempatan yang kita fokuskan untuk melancarkan arus balik kendaraan di kawasan Suak Geudeubang, Samatiga, Aceh Barat, tepatnya di lokasi pembangunan jembatan,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Panjdi Santoso yang dihubungi dari Banda Aceh, Sabtu malam.

Ia mengatakan, penempatan personel polisi di kawasan tersebut sangat diperlukan untuk mengatasi kemacetan panjang bagi pengguna jalan, mengingat akses ruas jalan di lokasi pembangunan jembatan tersebut saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Baca juga: Polda Aceh sebut empat orang terluka dalam kecelakaan di Aceh Besar
Baca juga: Arus balik Lebaran di Banda Aceh-Sabang meningkat

Kapolres Pandji Santoso mengatakan penempatan personel di lokasi ini juga dimaksudkan untuk melancarkan arus lalu-lintas, dengan melakukan sistem buka tutup dari jalur kanan dan kiri badan jalan.

Ia mengakui selama menempatkan personel polisi di lokasi tersebut, arus lalu-lintas bagi masyarakat yang melintasi kawasan Aceh Barat terpantau aman dan lancar.

Selain itu, guna melancarkan arus transportasi masyarakat, pihaknya juga menyiagakan personel di sejumlah titik rawan lainnya di Aceh Barat, guna memberikan layanan kepada masyarakat.

“Kita juga memaksimalkan penggunaan posko mudik Lebaran di kawasan Kuala Bubon, Samatiga, Aceh Barat. Bagi masyarakat yang ingin beristirahat karena lelah berkendara, bisa memanfaatkan posko ini,” demikian Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso.

Baca juga: Polri perpanjang waktu sistem satu arah di jalan tol
Baca juga: Arus balik lewat udara dan laut di Makassar terus meningkat

Baca juga: Polresta Banyumas terapkan rekayasa lalu lintas di Ajibarang