Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta mencatat sejumlah 15.400 pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada H+3 Lebaran atau 6 Mei 2022.

"Dari Stasiun Pasar Senen terdapat 29 kereta api beroperasi, dua kereta api di antaranya merupakan kereta api tambahan," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Jumat.

Dengan demikian, ia menilai volume keberangkatan dari sejumlah stasiun di area Daop 1 masih tinggi, terutama di Pasar Senen.

Berdasarkan pantauan Antara, sejumlah pemudik yang akan berangkat menggunakan kereta api masih cukup ramai pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Selanjutnya pemudik yang berangkat mulai landai pada pukul 12.00-14.00 WIB dan tergantikan oleh mulai ramainya pemudik yang kembali (balik).

Eva pun mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa kereta api yang tiba untuk memeriksa kembali barang bawaannya lantaran cukup banyak petugas yang menemukan barang tertinggal di kereta api.

"Bawalah barang bawaan sesuai kemampuan, dalam artian jangan terlalu berlebih," katanya.

Lebih lanjut, ia menuturkan terdapat beberapa antisipasi yang dilakukan oleh PT KAI Daop 1 Jakarta pada momen kedatangan pemudik, yakni petugas akan fokus melakukan pengaturan arus penumpang yang tiba di stasiun agar tidak terjadi penumpukan di titik-titik tertentu, sehingga akan diarahkan secara langsung ke sejumlah lokasi yang sudah disiapkan untuk menunggu penjemputan.

Petugas juga akan melakukan penyisiran di setiap kereta api yang tiba untuk memastikan tidak ada barang pengguna jasa yang tertinggal.

Kendati begitu, ia menegaskan jika ada barang penumpang yang tertinggal dan ditemukan, maka petugas akan langsung mengamankan dan melakukan pendataan untuk dimasukkan ke dalam sistem lost and found.

Baca juga: KAI: 39.300 penumpang tiba di Stasiun Daop 1 Jakarta pada H+3 Lebaran
Baca juga: KAI operasikan kereta tambahan akomodir penumpang Stasiun Gambir
Baca juga: KAI dukung mudik gratis menggunakan kereta api