Palembang (ANTARA News) - Presiden Federasi Sepak Takraw Asia, Datuk Abdul Halim Bin Kader, menyatakan bahwa tim nasional sepak takraw Indonesia berpeluang besar menyamai prestasi Thailand menduduki peringkat pertama sepak takraw Asia, mengingat para atlet takraw Indonesia memiliki kekuatan dan taktik yang bagus.

"Indonesia berpeluang besar untuk menyamai Thailand dalam cabang olahraga sepak takraw Asia karena dalam lima tahun ini telah berkembang sangat bagus," kata Abdul Halim di arena pertandingan sepak takraw SEA Games XXVI di Sriwijaya Promotion Centre Palembang, Sumatera Selatan, Minggu.

Menurut Abdul, selama ini cabang olahraga takraw tingkat Asia dikuasai Thailand dan Malaysia, tetapi sejak lima tahun terakhir perkembangan permainan tim Indonesia sangat luar biasa.

Terbukti pada SEA Games XXVI ini mampu mengalahkan Malaysia dan Myanmar, sehingga berhasil naik ke peringkat kedua, ujar dia.

Ia menilai, kemampuan dan teknik serta taktik petakraw Indonesia sangat bagus dan sejajar dengan pemain Thailand, tetapi memang masih kalah dari kesiapan mental.

Padahal permainan Victoria dan kawan-kawan sangat luar biasa saat melawan Thailand, dan kalau mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi pasti mampu meraih peringkat pertama, kata dia lagi.

Dia menjelaskan, generasi Indonesia-Thailand menjuarai sepak takraw kini sudah tiba, sehingga diharapkan dengan bimbingan dan pelatihan yang dilaksanakan secara reguler dan terjadwal akan mendorong Indonesia mampu berada di peringkat pertama Asia.

Thailand sudah lama menduduki posisi teratas sepak takraw Asia dan regenarasi akan terjadi serta terus berjalan, ujar dia.

Pertandingan sepak takraw SEA Games XXVI berlangsung 12-21 November di arena pertandingan Sriwijaya Promotion Centre Jakabaring Palembang.

Tiga nomor dipertandingkan dalam SEA Games ini, dan pada nomor beregu tim Indonesia putri meraih medali perunggu, tim putra meraih perak, tim putra dan putri juga berhasil meraih perak.

(ANT-037)