Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan kedatangan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio ke Indonesia, Jumat, memberikan semangat baru bagi upaya bersama dalam memulihkan ekonomi di tengah situasi kompleks dunia.

"Kehadiran Yang Mulia menjelang akhir puasa memberi semangat baru bagi kita untuk bekerja sama bagi pemulihan ekonomi di tengah situasi dunia yang sangat kompleks," kata Presiden Joko Widodo dalam pengantar pada pertemuan bilateral dengan PM Jepang di Istana Bogor, Jumat, sebagaimana disaksikan secara virtual.

Presiden menyambut dengan hangat kedatangan PM Kishida ke Indonesia. Presiden merasa terhormat menerima kunjungan PM Jepang dan delegasi.

Presiden Jokowi mengungkapkan, dalam pertemuan empat mata di veranda Istana, dirinya dan PM Jepang sudah bertukar pikiran mengenai situasi Ukraina dan G20.

Diharapkan pula bahwa dalam pertemuan pleno dapat dibahas kerja sama bilateral dan isu dunia lainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan PM Kishida juga sempat menanam pohon cendana bersama di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan keduanya akan ditutup dengan jamuan santap malam resmi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia ingin menyatukan G20

Baca juga: Presiden Jokowi-PM Jepang tanam pohon bersama di Istana Bogor