Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Stefanos Tsitsipas keluar sebagai pemenang dari pertandingan perempat final mendebarkan melawan Diego Schwartzman, yang berakhir dengan skor menang 6-2 6-7(3) 6-4, Jumat waktu setempat, untuk menciptakan pertemuan melawan Alexander Zverev di babak semifinal Monte Carlo Masters.

Unggulan ketiga asal Yunani itu unggul 5-2 pada set kedua tetapi secara misterius kehilangan ritme dan tertinggal 4-0 pada set penentuan sebelum menemukan kembali sentuhannya.

Dia akan menghadapi Alexander Zverev untuk memperebutkan satu tempat di final hari Minggu setelah petenis nomor tiga dunia Jerman itu meraih kemenangan epik 5-7 6-3 7-6(5) melawan Jannik Sinner dari Italia.

"Ada momen dalam pertandingan di mana saya merasa apa yang saya lakukan tidak berhasil," kata Tsitsipas dalam wawancara usai pertandingan di lapangan, dikutip dari laman resmi ATP.

"Dia memiliki keunggulan dan momentum besar dalam apa yang dia coba lakukan. Saya hanya mencoba untuk tetap dalam pertandingan sebanyak yang saya bisa dan itu berhasil dengan sangat baik. Saya tidak berharap banyak pada saat itu menjadi break down ganda, jadi saya santai pada saat itu."

Baca juga: Taklukkan Sinner, Zverev melenggang ke semifinal Monte Carlo

Keduanya menyerang dengan agresif saat mereka menghibur penonton yang ramai di Court Rainier III dengan tembakan dan kelincahan mereka.

Tsitsipas tertinggal pada 0-4 di set ketiga setelah kalah sembilan dari 10 gim dari 5-2 di set kedua. Namun, petenis peringkat 5 dunia itu kemudian mulai menemukan ritmenya sekali lagi, memukul dengan lebih lebar dan topspin sekali lagi untuk meraih kemenangan.

"Itu sangat dekat," kata Tsitsipas.

"Saya sangat dekat di set kedua. Saat itulah saya memiliki peluang besar untuk menutupnya, tetapi Diego adalah Diego dan saya harus menjadi Stefanos di set ketiga."

Tsitsipas kini tinggal dua kemenangan lagi untuk mempertahankan gelarnya di Monte Carlo, setelah dia meraih mahkota ATP Masters 1000 perdananya di ajang tersebut tahun lalu.

Tsitsipas mengalahkan juara 2019 Fabio Fognini dan petenis Serbia Laslo Djere dalam dua pertandingan pembukanya dan akan bertanding di semifinal kesembilannya di level 1000, Sabtu.

Dengan kemenangannya, petenis berusia 23 tahun itu menyamakan seri ATP Head2Head-nya dengan Schwartzman menjadi 2-2 dan selanjutnya akan Zverev.

Sebelumnya, petenis Spanyol Alejandro Davidovich Fokina mencapai semifinal Masters pertamanya dengan mengalahkan petenis Amerika Taylor Fritz 2-6 6-4 6-3 dan akan menghadapi petenis Bulgaria Grigor Dimitrov.

Baca juga: Djokovic mengaku kehabisan tenaga hingga kalah di Monte Carlo