Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jambi meminta peserta Pertukaran Pemuda Antar-Negara (PPAN) dari daerah itu mampu menjadi duta promosi bagi provinsi tersebut di kancah Internasional.

"Agar bisa mempromosikan Provinsi Jambi dengan baik, peserta PPAN harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat baik terhadap Provinsi Jambi, yakni potensi-potensi yang dimiliki provinsi itu, baik sumber daya alam, budaya, pariwisata, maupun potensi lainnya," kata Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di Jambi, Jum'at.

Sani menjelaskan PPAN merupakan program tahunan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dalam upaya pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasan, serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang.

Baca juga: PCMI siapkan wakil Maluku ke Pertukaran Pemuda Antar Negara

Program PPAN bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerjasama pemuda Indonesia dengan pemuda negara sahabat serta saling pengertian, yang selanjutnya bisa menciptakan dan meningkatkan kerja sama antara pemuda Indonesia dengan negara negara lain yang ada di dunia.

"Siapapun yang terpilih nantinya harus mampu mengaplikasikan adat istiadat, budaya serta wisata yang ada di Provinsi Jambi kepada masyarakat luar, sehingga mereka tertarik untuk datang ke Jambi," kata Abdullah Sani.

Selain itu, Program PPAN merupakan kegiatan strategis dalam rangka menjalin persahabatan dan saling pengertian antarpemuda kedua negara dalam berbagai aspek kehidupan. Program tersebut juga merupakan suatu wahana bagi pemuda untuk memperluas wawasan dan cara berpikir, baik dalam pergaulan di antara para pemuda Indonesia maupun dalam pergaulan pemuda antarnegara atau dalam kerangka kerja sama internasional.

Baca juga: PPAN diharapkan sejalan dengan agenda diplomasi ekonomi Indonesia

Baca juga: Tiga pemuda lolos ikuti Program Pertukaran Pemuda Antar-Negara


Sani berharap kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya pemuda-pemudi terhadap pentingnya pembangunan yang berkesinambungan secara merata. Karena promosi yang baik terhadap Provinsi Jambi akan turut membangun citra dan kesan yang baik terhadap Provinsi Jambi.

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi melakukan seleksi terhadap pemuda dan pemudi yang akan mewakili Provinsi Jambi dalam Program PPAN tersebut. Terdapat 60 orang peserta yang mengikuti seleksi PPAN tersebut.