Jayapura (ANTARA News) - Mantan atlet atletik sekaligus peraih medali emas asal Papua, Melly Mofu, menjadi duta obor pada "Torch Relay SEA Games 2011" untuk diarak keliling Kota Jayapura, Papua.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, HE Mackbon, di Jayapura, Sabtu, mengatakan bahwa api pekan olahraga Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (SEA Games) yang tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura sekitar pukul 07.00 WIT itu langsung diarak menuju Kota Jayapura.

"Setelah tiba di bandara obor SEA Games langsung di arak menuju Kantor KONI, yang kemudian diambil alih oleh Melly Mofu untuk diarak menuju Kantor Gubernur Provinsi Papua," katanya,

Menurut dia, obor SEA Games untuk Papua akan diterima langsung oleh Penjabat Gubernur Papua, Syamsul Arif Rivai, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Constan Karma, dan pada Minggu (30/10) akan kembali diarak menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya berharap dengan hadirnya api obor di Papua bisa memacu semangat para atlet Indonesia, khususnya Papua yang akan berlaga SEAGames untuk berprestasi," ujarnya.

Dia menilai, dengan diaraknya obor Sea Games keliling Indonesia, tentu akan merangsang anak bangsa untuk berprestasi di dunia olahraga.

"Obor ini secara tidak langsung memberi dukungan moril kepada para atlet Indonesia dan tuan rumah SEA Games 2011. Muda-mudahan Indonesia bisa menjadi juara umum," katanya.

Dikatakannya, untuk SEA Games 2011 ada 20 atlet Papua yang bergabung untuk memperkuat Indonesia di berbagai cabang.

Sementara itu, Constan Karma mengatakan, obor SEA Games merupakan sesuatu peristiwa besar di Indonesia untuk memacu semangat anak bangsa untuk berprestasi.

"Dengan diaraknya obor SEA Games, saya harap fanatisme semangat anak bangsa untuk berprestasi bisa berkobar," katanya.
(T.KR-ALX/I006)